5 Hal Tentang Pemain Anyar Persebaya, Osvaldo Haay

Sejak pamit dari Persipura, Osvaldo memang diperebutkan banyak tim. Sebelum mengaku telah sepakat untuk memperkuat Persebaya, winger yang masih berusia 19 tahun sempat dikaitkan dengan Persija Jakarta dan Persib Bandung.

Kedatangannya jelas menambah aroma Papua di kubu Bajul Ijo. Dia akan bereuni dengan mantan rekannya di Persipura yakni Fandry Imbiri dan Ricky Kayame. Osvaldo juga akan bertemu mantan pelatihnya di Persipura, Angel Alfredo Vera.

Meski masih 19 tahun, Osvaldo nyatanya sudah mampu berbicara banyak di pentas sepak bola. Ada lima fakta menarik soal perjalanan karir Osvaldo. Berikut pembahasannya.

1. Performa Osvaldo Haay baru mengilap usai dipromosikan ke tim Persipura Jayapura senior pada ISC 2016 lalu. Sejak saat itu, dia tercatat mengoleksi 37 penampilan dan mengemas 11 gol.



2. Pada musim lalu, Osvaldo juga tampil istimewa. Dalam 22 penampian, dia sukses mencetak enam gol dan dua assists untuk Persipura.

3. Osvaldo menjalani debut di timnas Indonesia pada 21 Maret 2017 melawan Myanmar di Kualifikasi Piala Asia U-23 2018. Dia kala itu turun sebagai pengganti.

4. Gol pertama Osvaldo untuk timnas Indonesia tercipta pada 4 Desember 2017 kala Indonesia melawan Mongolia dalam ajang Aceh World Solidarity Tsunami Cup.

5. Meski baru berumur 19 tahun, Osvaldo sudah mengoleksi beberapa penghargaan bergengsi. Pada level klub, dia membawa Persipura juara ISC A. Sedang di timnas, jadi salah satu sosok sentral Indonesia meraih peringkat ketiga di SEA Games 2017 dan runner-up Aceh World Solidarity Tsunami Cup.


(ies/JPC)