5 Fakta Unik Seputar Pelukan yang Jarang Diketahui

5 Fakta Unik Seputar Pelukan yang Jarang Diketahui - JPNN.COM

jpnn.com – Berpelukan tidak hanya sekadar sebatas ungkapan rasa sayang seseorang loh. Selain memberikan rasa nyaman dan manfaat sehat bagi tubuh, ada fakta-fakta lain di balik pelukan. 

Dilansir dari Psychology Today, Senin (21/1), ada lima fakta penting seputar pelukan yang jarang diketahui banyak orang.

Lama waktu berpelukan

Pelukan rata-rata berlangsung selama 3,17 detik. Sebuah studi yang dipimpin oleh Emese Nagy dari University of Dundee menganalisis 188 pelukan spontan antara atlet dan pelatih, pesaing dan pendukung mereka selama Olimpiade Musim Panas 2008. Hasilnya, rata-rata waktu pelukan bertahan 3,17 detik dan tidak dipengaruhi oleh kombinasi gender dari pasangan pelukan.



Pelukan sudah dilakukan sejak ribuan tahun lalu

Tidak ada yang tahu persis kapan pelukan pertama terjadi antara dua manusia, tetapi kita tahu bahwa pelukan telah ada dalam daftar perilaku manusia setidaknya selama beberapa ribu tahun. Pada 2007, tim arkeolog menemukan apa yang disebut ‘Lovers of Valdaro’ di Makam Neolitik dekat Mantua di Italia (Stewart, 2007). Ditemukan sepasang kerangka manusia yang telah dikubur. Mereka diperkirakan berusia sekitar 6 ribu tahun di zaman Neolitikum.

Arah Pelukan

Kebanyakam seseorang berpelukan di sisi kanan. Sebuah studi di Jerman, mengamati pelukan antar pasangan di ruang kedatangan atau keberangkatan di bandara internasional. Peneliti menemukan bahwa secara keseluruhan, kebanyakan orang berpelukan ke sisi kanan. Ada 92 persen orang berpelukan dengan teman atau orang asing ke sisi kanan. Namun, dalam situasi yang lebih emosional, yaitu, ketika orang-orang memeluk pasangan mereka di bandara, hanya sekitar 81 persen ke sisi kanan. Karena belahan kiri otak mengontrol bagian kanan tubuh dan sebaliknya.