5 Fakta Tentang Nussa, Seri Animasi Karya Anak Bangsa

ZETIZENID – Lahirnya animasi Nussa di jagat maya pada November 2018 memberi harapan bagi tayangan-tayangan mendidik yang sebelumnya jarang mendapatkan tempat.
Studio animasi The Little Giantz menghadirkan Nussa dengan misi besar untuk masyarakat Indonesia. Salah satunya sebagai media untuk menyebarkan nilai-nilai kebaikan.
Lewat sebuah video behind the scene, sang kreator membeberkan proses produksi hingga fakta-fakta unik dibalik pembuatan karakter inspiratif nan menggemaskan ini. Beikut zetizen.id rangkum fakta-fakta Nussa!

1. Nussa Terlahir Sebagai Penyandang Disabilitas


Mulanya, Nussa diciptakan sebagai anak normal, sehat dan tidak kurang suatu apapun. Tapi, kemudian Ricky Manoppo, COO The Little Giantz mencetuskan ide untuk “menghapus” kaki Nussa. “Berani gak menyajikan cerita dengan angle yang sangat berbeda dan tidak diharapkan penonton?” ujar Ricky menantang timnya.
Lewat ketidaksempurnaan tersebut, mereka ingin memberikan harapan bagi orangtua dan anak dengan situasi serupa agar tetap memiliki semangat dalam menjalankan hidup.

2. Ada Belasan Draft Karakter Visual Nussa
Proses pembuatan karakter Nussa nggak sembarangan. Perlu waktu sekitar 3 bulan untuk mengembangkan karakter visual Nussa. Eksperimen dimulai dari fisik Nussa yang memiliki rambut jambul, hingga yang berwajah tembem. Bahkan ada belasan versi lho untuk desain karakter Nussa-nya sendiri!

3. Karakter Fisik Rara “Lahir” Dari Nussa
Sedangkan untuk Rara, gak perlu waktu yang lama dan usaha yang besar untuk mendesain karakter fisiknya. Karena pada dasarnya, model karakter Rara berasal dari Nussa. Hanya dibidik ciri perempuannya saja seperti bibir, mata dan hidungnya untuk diberi kesan cantik.

4. Tontonan Berkonsep Edutainment
Mengangkat konsep edutainment, yaitu education and entertainment. Hal ini terdorong karena adanya kekosongan antara permintaan orangtua untuk tayangan anak yang mendidik dengan realitanya.
Lewat karakter dan cerita menyenangkan dalam seri ini, Nussa ingin menjadi media untuk mendukung orang tua dan anak dalam pengembangan moral, khususnya dengan prinsip-prinsip islam. Tak hanya terhibur, penonton Nussa juga diajak untuk belajar memecahkan masalah di kehidupan sehari-hari.

5. Asal Usul Nama Nussa, Anta dan Rara


Nama Nussa, Anta dan Rara ternyata merupakan akronim dari Nusantara. Yup, sebagai pengingat nih bahwa web series yang udah hampir mencapai 2 juta subscribers di Youtube channel-nya ini hasil karya anak bangsa dan patut dibanggakan! Anyway, dibalik karakter Nussa dan Rara, ada Muzakki Ramdhan dan Aysha Ocean Fajar sebagai pengisi suaranya.

Penulis: Ananda Triana
Foto: Istimewa
Editor: Indra M