400 Ha Lahan Gunung Merbabu di Semarang Terbakar








JawaPos.com – Kebakaran hutan dan lahan di Gunung Merbabu terus meluas. Api pertama kali muncul pada Minggu (14/10). Hingga kini, si jago merah setidaknya sudah menghanguskan 40 hektare (ha) lahan di wilayah Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Jateng).







Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Semarang Heru Subroto menyebutkan, titik api yang berjumlah empat mengarah ke sejumlah dusun. Di antaranya Dusun Nglelo, Getasan, Ngaduman. “Satu lagi masih dipastikan,” kata Heru ketika dihubungi, Rabu (1710).







Kendati demikian, langkah evakuasi warga dianggap belum diperlukan. Sebab api dirasa masih cukup jauh dari permukiman warga. Di satu sisi, pemadaman via jalur udara baru saja dilangsungkan seiring dengan ditetapkannya status darurat bencana sejak Selasa (16/10) kemarin.







Upaya pemadaman lewat jalur udara diharapkan berjalan efektif dan api bisa langsung mati usai diguyur dengan air bawaan dari Rawa Pening. “Di samping heli yang fokus dari udara, kami juga masih mengerahkan sekitar 260 orang dari TNI, Polri, dan lintas relawan untuk upaya pemadaman manual,” tandasnya.







Sebagai informasi, api di sisi barat Gunung Merbabu sebelumnya dilaporkan sudah mencapai pos 4 pendakian atau Thekelan di wilayah Kabupaten Semarang. Padahal sebelumnya hanya di Basecamp Thekelan-Wekas Pakis atau antara pos 2 dan pos 4 saja.







Api pertama kali terpantau menyala pada Minggu (14/10) lalu. Hingga kini belum diketahui penyebab munculnya titik api. Yang jelas, jalur pendakian Gunung Merbabu via Thekelan masih ditutup.








(gul/JPC)