40 Calon Duta Hijab Adu Bakat

MALANG KOTA – Sebanyak 40 peserta seleksi Duta Hijab Radar Malang 2018 yang lolos in-depth interview (wawancara mendalam) pada Sabtu lalu (3/2) sebaiknya mempersiapkan diri untuk menghadapi tes selanjutnya. Sebab, pada 11 Februari mendatang, peserta yang lolos 40 besar akan menjalani tes bakat.

Dipastikan 20 peserta akan tereleminasi karena dewan juri hanya memilih 20 nama menjadi finalis.
Ketua Pelaksana Seleksi Duta Hijab 2018 Hepy Mandiana Sari mengimbau, para peserta yang lolos 40 besar mempersiapkan diri (daftar nama 40 besar baca di halaman 11). Selain itu, memastikan mereka hadir saat tes lanjutan. Itu karena tidak semua peserta warga Kota Malang.

”Di antara 40 peserta ini ada yang dari luar kota,” ujar Hepy kemarin (4/2).

Mahasiswi UM (Universitas Negeri Malang) itu menyatakan, persaingan meraih gelar Duta Hijab 2018 makin ketat. Agar lolos tahap selanjutnya, Hepy memaparkan, setiap peserta harus bisa menunjukkan bakat spesialnya di hadapan dewan juri.

Usai lolos tes bakat dan masuk 20 besar, setiap peserta akan mendapatkan selempang finalis Duta Hijab Radar Malang 2018. Selempang itu akan langsung dipasangkan kepada 20 finalis.

”Usai tes bakat, panitia langsung mengumumkan 20 finalis. Mereka akan dipasangkan selempang,” beber mahasiswi Jurusan HKn (Hukum dan Kewarganegaraan) UM itu.

Sebelum grand final, para finalis akan mengikuti prakarantina pada 17 Februari mendatang. Setelah itu, mereka mengikuti tes presenting dalam program Ideas Show Out berbarengan dengan Expo Haji & Umrah Radar Malang di MOG (Mal Olympic Garden), 22–25 Februari.

”Sebelum karantina pada 3–4 Maret, finalis diberi pembekalan. Seperti agenda city tour ke Alun-Alun Kota Malang,” tandasnya.

Salah satu peserta yang lolos 40 besar, Dinda Puspita mengaku, bersyukur karena masih mendapatkan kesempatan mengikuti tes bakat. ”Persiapannya lebih konsen. Misalnya latihan gitar dan bernyanyi. Saya juga sudah ngurangi minum es dan makan gorengan biar bisa maksimal,” pungkasnya.

Seperti diberitakan, seleksi Duta Hijab digelar Jawa Pos Radar Malang. Awalnya, seleksi Duta Hijab 2018 ini diikuti 195 peserta. Namun, saat tes wawancara terbuka, ada 115 peserta tereleminasi sehingga hanya lolos 80 orang. Kemudian dikerucutkan lagi menjadi 40 peserta. Hingga seleksi tahap akhir nanti hanya diambil 20 besar.

Pewarta: Fajrus Shiddiq
Penyunting: Mahmudan
Copy Editor: Dwi Lindawati
Foto: Darmono