40 Atlet PB Djarum Kudus Promosi di Pelatnas, 6 Degradasi Sinergi Jawa Pos

KUDUS – PP PBSI melakukan evaluasi terhadap performa para atlet Pelatnas Cipayung selama 2017 lalu. Hasilnya, sebagian dipertahankan, sementara 15 lainnya terdegradasi dan dikembalikan ke klub.

Dari 15 atlet yang dipulangkan, enam di antaranya berasal dari PB Djarum Kudus. Mereka adalah M Bayu Pangisthu dan Ramadhani M Zulkifli (tunggal putra), Ghaida Nurul serta Savira Sandradewi (tunggal putri), Kenas Adi (ganda putra), serta Ramadhani Hastiyanti (ganda putri).

Ketua PB Djarum Kudus Yoppy Rosimin membenarkan kabar tersebut. Dikatakan, di pergantian tahun ini PP PBSI telah melakukan promosi dan degradasi atlet-atlet bulu tangkis penghuni Pelatnas Cipayung.

’’Para atlet terdegradasi itu ada yang memilih kembali ke klub, ada juga yang memutuskan untuk kuliah. Bagi yang kembali ke klub, kami beri kesempatan satu tahun. Jika menunjukkan performa meningkat bisa tetap dipertahankan,” ucapnya.

Pada saat yang sama, klub yang bermarkas di Kecamatan Jati, Kudus, itu juga menyumbangkan 40 atlet promosi di pelatnas. Sebagian di antaranya merupakan nama-nama yang sudah tidak asing. Seperti Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir di ganda campuran, Kevin Sanjaya dan Mohammad Ahsan di ganda putra, serta sederet nama lainnya. 

Sementara itu, ada ketentuan baru dalam sistem pembinaan atlet penghuni pelatnas yang mulai diberlakukan tahun ini. Pertama adalah atlet promosi pelatnas yang seluruh pembiayaan latihan dan pertandingan selama setahun dibiayai PBSI.

Kedua, atlet dengan sistem promosi pemantauan, di mana pembiayaan pelatihan dan pertandingan dibiayai PBSI selama enam bulan. Mereka kemudian dipantau dan dievaluasi prestasinya. Jika tak memenuhi target maka statusnya akan berubah menjadi pemain magang atau bahkan dipulangkan ke klub masing-masing (degradasi).

Ketiga, pemain magang yang pembiayaan latihannya ditanggung PBSI dan pertandingan dibiayai oleh klub masing-masing. Pemain magang pun dievaluasi penampilannya selama enam bulan. Jika indisipliner dapat dipulangkan ke klub sewaktu-waktu. Jika berprestasi akan naik ke level pemantauan.

Total atlet penghuni pelatnas 2018 bakal meningkat menjadi 104 atlet dari 89 atlet di tahun 2017. (aji)

(ks/aji/aji/JPR)