4 OPD Segera Boyongan ke Kepanjen

KEPANJEN – Rencana Wakil Bupati Malang H.M. Sanusi untuk memboyong sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) agar berkantor di Kepanjen mulai diwujudkan. Selasa lalu (16/4) Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Cipta Karya (DPKPCK) Kabupaten Malang mulai melakukan pengecekan di kantor bupati Malang. Kepala DPKPCK Dr Ir Wahyu Hidayat MM menjelaskan, saat ini terdapat tiga lantai di kantor bupati yang kosong.

Yakni, lantai 6, lantai 7, dan lantai 8. Tiga lantai tersebut rencananya akan ditempati oleh dinas pengendalian penduduk dan keluarga berencana (DPPKB) di lantai 6 dan dinas lingkungan hidup (DLH) di lantai 8. ”Di lantai tujuh nanti akan ditempati badan kesatuan bangsa dan politik (bakesbangpol) dan badan penelitian dan pengembangan pemerintah daerah (balitbangda),” kata Wahyu. Untuk persiapan boyongan empat OPD tersebut, beberapa tahap telah dilakukan DPKPCK.

Untuk DPPKB, Wahyu memperkirakan bila pekan depan sudah bisa dimulai boyongan. ”Tidak ada pembangunan baru, kami hanya melakukan penataan dan pembagian ruangan saja,” sambung Wahyu. Pun untuk perlengkapan mebelernya, mantan camat Tajinan itu menyebut bila pihaknya tidak terlalu banyak melakukan belanja barang karena masih menggunakan yang lama.

Jika kantor eks bappeda sudah siap ditempati pekan depan, lantai 7 dan lantai 8 yang akan ditempati tiga OPD, kesiapannya baru 60 persen. Wahyu memperkirakan proses perbaikan fasilitas baru akan selesai dalam waktu sebulan ke depan. ”Setelah hari raya kemungkinan sudah bisa ditempati,” sambung Wahyu. Rencananya masih ada lima OPD lagi yang akan diboyong ke Kepanjen.

”Masih ada dua tahap lagi, setelah yang sekarang selesai, nanti menyusul badan kepegawaian daerah (BKD) dan dinas pemberdayaan masyarakat dan desa (DPMD),” kata Wahyu. Sementara gelombang yang ketiga, giliran badan pendapatan daerah (bapenda) dan badan pengelola keuangan dan aset daerah (BPKAD) yang juga akan diusung ke Kepanjen.



Wahyu menuturkan bila pihaknya kini tengah melakukan kajian apakah OPD tersebut akan menempati gedung yang sudah ada, atau perlu dibangunkan gedung yang baru. ”Kalau memang diperlukan gedung baru nanti akan kami anggarkan dalam perubahan anggaran keuangan (PAK),” jelas dia.

Sementara itu, untuk Kantor Satpol PP Kabupaten Malang rencananya bakal ditempatkan di eks Gedung Korpri, Jalan Sumedang, Kelurahan Cempokomulyo, Kecamatan Kepanjen. ”Nanti akan kami perbaiki dulu gedungnya supaya bisa ditempati satpol PP,” beber Wahyu.

Seperti diketahui, pusat pemerintahan dan Ibu Kota Kabupaten Malang memang sudah dipusatkan di Kepanjen. Namun, beberapa OPD masih menempati gedung perkantoran yang lokasinya ada di Kota Malang dan Kecamatan Singosari.

Pewarta               : Farik Fajarwati
Copy Editor         : Dwi Lindawati
Penyunting         : Bayu Mulya