4 Cara Atasi Tabungan Menipis Pasca Harbolnas 12.12

RADARMALANGID – Siapa yang tabungannya jebol pasca Hari Belanja Online Nasional alias Harbolnas 12.12? Pasti banyak diantara kalian yang mengacungkan tangan. Godaan promo memang tak bisa terelakaan, apalagi saat menemukan barang buruan.

Nah, euforia belanja murah tak jarang berujung pada penyesalan tatkala saldo menukik tajam, keuangan pun jadi tak karuan. Tak perlu sedih dan pusing berlebihan, sebab cara-cara berikut bisa diterapkan untuk mengembalikan uangmu kala bokek menerjang.

1. Ubah Gaya Hidup

Jika biasanya makan selalu membeli di luar, mulailah untuk memasak sendiri. Cara ini ampuh untuk memotong budget harian karena dengan sekali masak bisa untuk 2-3 kali makan. Next, kurangi nongkrong di café dang anti dengan aktifitas hangout yang low budget, misalnya olahraga atau movie marathon di rumah.

2. Ambil Pekerjaan Paruh Waktu

Banyak situs online yang menyediakan informasi part time, misalnya Freelancer, Fiverr,Upwork, dan Sribulancer. Disana banyak jenis pekerjaan yang bisa dipilih sesuai dengan kemampuan masing-masing. Selain upah lumayan, jam kerja yang fleksibel tak akan menganggu aktifitas harian.

3. Buat Budget Mingguan

Tentukan berapa uang yang boleh digunakan tiap minggunya, lalu berjanji pada diri sendiri untuk tidak melanggar. Menetapkan budget akan membuat seseorang berpikir dua kali sebelum menggunakan uang, membeli mana yang benar-benar butuh.

4. Garage Sale Barang

Daripada kamar disesaki aneka barang tak penting, lebih baik menjualnya untuk menambah pundi- pundi uang. Pilih barang yang dirasa penting, sisanya ‘buang’ lewat garage. Banyak cara untuk menjual barang-barang second, paling mudah lewat platform e-commerce seperti Carrousel, lazada, shopee atau Buka Lapak.

Tertarik mencoba?

Penulis : Zhavirra Noor Rivdha
Foto : Istimewa
Penyunting: Fia