3 Tips Bijak Mengatur Keuangan dan Pengeluaran Jelang Pernikahan

JawaPos.com – Siapa saja yang akan menikah pasti membutuhkan biaya. Biaya akan semakin besar jika kedua keluarga sepakat untuk menggelar pesta dan merayakannya di gedung atau hotel. Untuk mengantisipasi adanya perbedaan pendapat antara pasangan dan kedua keluarga terkait masalah biaya, maka butuh kesepakatan yang matang dalam mengatur rencana keuangan.

BincangShopee bersama Weddingku bertajuk ‘Serba Serbi Keuangan & Pernikahan’ pun membahas seputar pentingnya mengatur keuangan dengan efektif dan efisien dalam perencanaan pernikahan. Bahkan, dalam kehidupan rumah tangga.

Keuangan dan pernikahan merupakan dua hal yang berkaitan. Untuk menandai salah satu momen terpenting dalam hidup setiap manusia yang juga menjadi pintu awal memasuki kehidupan baru membutuhkan persiapan yang matang dan tidak mudah.

Dengan berkembangnya tren gaya pernikahan, banyak kebutuhan yang diperlukan untuk mewujudkan pernikahan impian.  Mengatur keuangan mengambil peranan krusial dalam mewujudkan kelancaran menjalankan kehidupan baru mulai dari pernikahan hingga kehidupan berumah tangga.

Country Brand Manager Shopee Rezki Yanuar menjelaskan kategori Sovenir dan Pesta di Shopee. (dok panitia)



“Mempersiapkan diri untuk kehidupan baru dari tahap perencanaan hingga setelah menikah khususnya dalam sektor keuangan merupakan hal yang penting. Itu juga yang saya alami dulu sebelum menikah. Tapi setelah itu semua lancar dan saya punya anak 2 sekarang,” kata Country Brand Manager Shopee Rezki Yanuar.

Rezki menjelaskan kategori perlengkapan rumah tangga termasuk ke dalam top 5 kategori terfavorit. Salah satunya bisa mencari perlengkapan sovenir pernikahan.

“Kami sudah banyak kategori perlengkapan pesta saat ini. Pas banget makanya bagi yang mau menikah,” jelasnya.

Pakar Perencana Keuangan Prita Hapsari Ghozie yang juga Co-Founder ZAP Finance mengatakan mengatur keuangan merupakan tahap yang krusial dan penting saat akan memasuki kehidupan baru. Dengan mengatur porsi keuangan dengan bijak untuk setiap bagiannya, calon pasangan dapat dengan mudah menentukan cara yang efektif dan efisien dalam mengoptimalkan biaya yang tersedia.

“Untuk menghindari kesalahan yang dilakukan hingga terjadinya pembengkakan biaya. Dengan waktu yang terbatas, banyak hal kecil hingga besar harus dilakukan bagi para pasangan untuk melengkapi kebutuhan pernikahan dan rumah tangga,” jelas Prita.

Calon pengantin dan pasangan muda tidak perlu pusing lagi. Melihat pentingnya mengatur keuangan agar tidak terjadi pembengkakan biaya dalam tahap-tahap kehidupan rumah tangga. Berikut 3 tips yang dapat diperhatikan oleh para calon pasangan.

1. Terbuka Mengenai Finansial

Jalin komunikasi dan keterbukaan mengenai finansial terhadap pasangan. Calon pasangan sebaiknya jujur tentang kondisi keuangan saat ini agar penentuan biaya untuk rencana kedepan seperti acara pernikahan hingga kehidupan rumah tangga bisa berangkat dari kondisi finansial. Selain itu, komunikasi ini juga meliputi komitmen khusus yang akan dibangun kedua pasangan dan mengatur keinginan di masa depan.

2. Sepakati Metode Pengaturan Keuangan

Sebelum memulai kehidupan pernikahan mulai dari tahap perencanaan pernikahan hingga kehidupan rumah tangga, sepakati terlebih dahulu metode pengaturan keuangan yang akan digunakan nanti dan siapa yang akan menjadi manajer keuangannya. Ini merupakan salah satu hal yang signifikan dan penting agar dapat mewujudkan pengaturan keuangan yang baik. Jangan lupa kalau setiap rumah tangga memiliki metode pengaturan keuangan yang berbeda.

3. Rancang Rencana Keuangan Bersama

Agar terjalin komitmen serta prioritas tujuan keuangan yang ingin diwujudkan rancang rencana keuangan bersama. Pengaturan ini harus dimulai dari biaya untuk merencanakan pernikahan hingga rumah tangga. Hal ini karena besar biaya yang digunakan untuk satu tahap akan berpengaruh pada tahap selanjutnya. Dengan merancang rencana keuangan bersama, akan terbangun visi yang sejalan dan menghindari terjadinya pembengkakan biaya.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani