3 Acara Musik Indonesia Ini Sandang Predikat ‘Konser Gagal’

RADARMALANGID – Beberapa hari terakhir penduduk Twitter sedang ramai membahas konser musik gagal. Huru-hara festival Musikologi pada Sabtu (30/11) malam jadi pemicunya. Berlanjut dengan komentar warganet yang merasa banyak konser musik tahun ini berjalan tak sesuai ekspektasi.

“2019, makin banyak event musik yang gak bener. acara lalala fest, jakarta rockspace, jakarta weekday fest, lokatara fest, dan sejauh mata melihat timeline the worst in 2019 is musikologi. jujur gua malu, meskipun gua bukan panitia, tapi ini suatu ancaman krisis kepercayaan,” cuit akun @gets0mefun.

Well, apa saja sih konser musik ‘gagal’ versi warganet di tahun 2019? Berikut rangkumannya

Lalala Fest

Konsep ‘International Forest Festival’ nyatanya tak didukung akses ke venue acara yang ramah penonton. Berlokasi di Orchid Forest, Lembang, Bandung, pengunjung festival harus berjalan sejauh 2 km lebih di jalanan yang menanjak dan rusak. Belum lagi harus ‘bersenggolan’ dengan kendaraan. Masalah sampah juga dirasa sangat menganggu, banyak bekas bungkus makanan dan jas hujan berserakan tanpa adanya perhatian dari panitia.

Lokatara Fest

6 musisi luar negeri yaitu Alextbh, Gus Dapperton, Great Good Fine Ok, Sophie Meiers, SALES, dan The Drums, batal tampil di acara yang berlangsung di Kuningan City, Jakarta, ini. Belum usai, waktu show yang berubah-ubah, kontrak fee, hingga masalah imigrasi turut mewarnai jalannya festival. Peachy, salah satu pengisi acara yang berhasil tampil pun sampai curhat di sosmed. “Tapi, Lokatara Fest udah melanggar kontrak, berbohong, dan menyimpan uangku,” ungkap musisi asal Georgia itu.

Musikologi

Hujan deras dan tidak adanya penanganan yang memadai dari panitia menyebabkan acara molor. Puncaknya saat band Feel Koplo hendak manggung di penghujung acara, lampu di venue yang berlokasi di Tenis Indoor Senayan itu tiba-tiba redup. Panitia pun membubarkan acara. Penonton naik darah, panggung dibakar, dan konser berujung rusuh.

Duh! Semoga tahun depan tak ada lagi cerita konser gagal ya.

Penulis : Zhavirra Noor Rivdha
Foto : Istimewa
Penyunting: Fia