3.244 Kursi CPNS DKI Disetujui, Paling Dicari Profesi Guru





JawaPos.com – Setelah menunggu lama, akhirnya kuota lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta disetujui oleh Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB). Total kuota yang diajukan yakni 3.244 kursi.




Hal tersebut disampaikan oleh, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta, Budihastuti. Sesuai dengan ketentuan kementerian, formasi CPNS kali ini akan berfokus pada dua sektor, yakni pendidikan dan kesehatan. “Iya sudah kami terima kuota di DKI ada 3.244 kursi,” katanya kepada JawaPos.com, Jumat (14/9).







Menurut Budi, setelah diskusi dengan internal Pemprov DKI Jakarta mengenai kebutuhan atas profesi yang paling mendesak yakni guru. Sehingga dari kuota yang ada didominasi untuk penerimaan guru.







“Ada tiga formasi yang dibutuhkan di internal kami yakni tenaga kependidikan (guru), kesehatan dan tekknis administrasi. Tapi memang didominasi guru,” jelasnya.




Terkait hal ini, Pemprov DKI pun mengadakan Open House di Balaikota DKI Jakarta. Tujuannya agar setiap calon yang berniat mendaftar CPNS di lingkungan Pemprov DKI mendapat gambaran lingkup kerja yang akan dilaksanakan mendatang. Kegiatan akan digelar pada Selasa (18/9) pekan depan.




Penerimaan CPNS pada 2018 ini direncanakan dimulai pada 19 September mendatang. Melalui situs web yang dimiliki oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN), yaitu sscn.bkn.go.id. Proses seleksi akan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). Baik untuk pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), maupun Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).








(rgm/JPC)