27 April, 17 TPS di Makassar Gelar PSU

JawaPos.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar bakal menggelar Pemugutan Suara Ulang (PSU) di pekan ini. Di Makassar, ada 17 TPS yang akan menggelar PSU.

Komisioner KPU Makassar, Gunawan Mashar mengatakan, jadwal penetapan PSU dilaksakan tepat pada, Sabtu 27 April 2019 nanti. “Ada tujuh belas TPS yang tersebar di empat Kecamatan yang ada di Makassar akan dilakukan PSU,” kata Komisioner Teknis Pengelenggaraan Pemilu KPU Makassar ini, saat dikonfirmasi, Rabu (24/4).

Empat kecamatan itu masing-masing Mariso, Manggala; Tamalate; dan Panakkukang. Gunawan menyatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan jajarannya. Baik di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) masing-masing, hingga Panitia Pemungutan Suara (PPS).


“Persiapan sudah dilakukan. Diantaranya inventarisir kebutuhan logistik dan penyiapan data pemilih, dokumen-dokumen lain,” ujar Gunawan.

Salah satu faktor, sehingga PSU dilakukan diungkapkan Gunawan umumnya karena persoalan teknis. Rata-rata banyak warga yang tak terdaftar, namum mereka tetap menyalurkan hak suaranya bermodalkan KTP-Elektronik di sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Lebih lanjut, pihaknya bahkan telah melaksakan Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk KPPS di masing-masing TPS yang tersebar untuk PSU. Bimtek ini untuk mengkoordinasi sekaligus mematangkan pengetahuan KPPS mengenai pemungutan dan penghitungan suara.

“Khususnya mengenai pemilih yang dibolehkan masuk memilih di TPS,” terangnya.

Untuk logistik, seperti surat suara, kotak suara, bilik suara, dan formulir-formulir kelengkapan TPS, saat ini lanjut Gunawan telah diajukan dan disiapkan. “Sementara untuk C6 dan DPT akan mulai didistribusikan malam ini ke KPPS,” tutup Gunawan.