26 September, Ruas Jalibar Ditutup Untuk Malang Beach Festival

KEPANJEN – Setelah sebelumnya dihelat di Jalan Lintas Selatan (JLS), untuk alasan agar lebih mudah dijangkau masyarakat, venue pawai budaya Kabupaten Malang dipindah ke Jalur Lintas Barat (Jalibar).

Event yang masih jadi satu dalam rangkaian Event wisata Nasional bertajuk Malang Beach Festival (MBF) Tahun 2019 ini bakal menampilkan pawai kendaraan-kendaraan hias, diwacanakan pada 26 September 2019 mendatang.

Acara yang juga dalam rangka peringatan HUT Kabupaten Malang ke 1259 ini bakal menutup ruas jalibar. “Batas waktu untuk perlintasan Jalibar untuk umum mungkin akan ditutup mulai pukul 10 pagi,” tutur Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Malang, Hafi Lutfi.

Kawasan dengan akses dua arah di Kota Kepanjen yang biasa digunakan kendaraan dari arah Blitar menuju Malang atau sebaliknya ini juga bakal dialihkan jalurnya untuk kendaraan umum.

“Kita akan mengalihkan, khusus yang ke Jalibar akan kita putarkan lewat jalan Panji atau Kedungpedaringan,” tambahnya.

Untuk kendaraan arah Blitar, Dishub Kabupaten Malang mengaku akan berkoordinasi dengan Dishub Blitar untuk sosialisasi jalur. “Seperti arah Wonosari, Blitar, Sumberpucung, nanti akan kita alihkan juga dan tunggu koordinasi dengan pihak kepolisian,” tutup Hafi.

Sementara itu, Kegiatan Malang Beach Festival yang diinisiasi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Malang ini tak akan banyak berubah jika dibandingkan tahun sebelumnya. Hanya lokasi pawai saja yang digeser. Selebihnya, event lain seperti surfing, paralayang dan lainnya masih bakal tetap diadakan di kawasan JLS.

Pewarta: Elfran Vido
Foto: Elfran Vido
Penyunting: Fia