252 Kotak Suara Keliling untuk TKI di Malaysia

JawaPos.com – Setidaknya sudah ada 252 Kotak Suara Keliling (KSK) yang disiapkan Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Tawau Malaysia, untuk ribuan Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan ratusan Daftar Pemilih Khusus (DPK) di wilayah Konsulat Republik Indonesia (KRI) Tawau, Malaysia.

Dari total 252 KSK, sebanyak 50 berada di Tawau, 8 di Semporna, 139 Lahad Datu, 28 Sandakan dan 9 di Kalabakan. Dari data PPLN, sudah ada 71 ribu pemilih dari DPT dan 821 DPK. Pemilih yang notabenenya adalah PekerJa Migran Indonesia (PMI), nantinya mereka akan memilih di 35 Tempat Pemungutan Suara Luar Negeri (TPSLN) di wilayah Tawau.

Itu diungkapkan Ketua PPLN Tawau, Sulistijo Djati Ismojo kepada media ini. Ia juga menjelaskan, dari 35 TPSLN, terbagi dibeberapa daerah yakni 4 TPSLN di wilayah Lahad Datu, 2 TPSLN di wilayah Kunak, 1 TPSLN di wilayah Semporna dan 1 TPSLN di wilayah Bombalai.

“Jadi seluruh WNI yang sudah masuk dalam DPT pada TPSLN, dapat melakukan pemungutan suara pada tanggal 14 April 2019 mendatang,” ungkap Sulistijo dikutip dari Radar Tarakan (Jawa Pos Group), Selasa (26/3).



Lebih lanjut dia mengatakan, bagi pemilih yang sudah masuk dalam DPT pada KSK, petugas KSK akan mendatangi pemilih yang berkumpul pada lokasi tertentu untuk menggunakan hak pilihnya pada tanggal 8,9 dan 10 April 2019.

Sementara bagi pemilih yang belum masuk DPT, apabila dapat memenuhi persyaratan memilih berupa dokumen asli yang diterbitkan Pemerintah Indonesia, dapat memilih setelah mendaftar pada DPK. Hal itu diakui Sulistijo sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Pemilih DPK dapat dilayani 1 jam sebelum TPSLN ditutup pada pukul 17:00 waktu setempat jika surat suara pada TPSLN yang dituju masih tersedia.

Sebagai bagian dari PPLN, para petugas KPPSLN diharapkan Sulistijo dapat lebih aktif mensosialisasikan kegiatan-kegiatan pemilu. Tentu tujuannya untuk meningkatkan partisipasi pemilih saat pemungutan suara.

Menurut Sulistijo, petugas KPPSLN merupakan bagian dari PPLN dan wajib untuk mensosialisasikan dan menjadi sumber informasi semua masyarakat Indonesia khususnya di wilayah penugasannya.

Tentu Sulistijo juga mengapresiasi para WNI di wilayah kerja KRI Tawau yang telah bersedia menjadi petugas KPPSLN untuk berperan dan berkontribusi dalam penyelenggaraan pemungutan suara di TPSLN maupun KSK. Ia hanya berharap agar mereka selalu menjaga komitmen yang tinggi dalam menjalankan tugasnya.

“Ya, saya berharap seluruh petugas dapat melaksanakan tugas dengan bekerja sama sebagai Tim yang solid, penuh integritas, tanggung jawab dan cermat dalam melaksanakan rangkaian kegiatan pemungutan suara dengan sebaik-baiknya sesuai dengan sumpah yang telah diucapkan,” pungkasnya.

Editor           : Estu Suryowati

Reporter      : jpg