22 Mahasiswa Manca Kuliah di IBU

MALANG KOTA – Hanya ingin belajar bahasa dan budaya Indonesia, 22 mahasiswa mancanegara memilih kuliah di IKIP Budi Utomo (IBU). Mereka berasal dari Italia, Korea, Tiongkok, dan Ukraina dalam rangka program Darmasiswa Indonesian Scholarship Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI.

Meski baru sekitar 4 bulan tinggal di Malang, mereka sudah dapat berbahasa Indonesia meskipun belum terlalu lancar. Sedianya mereka akan mengikuti kuliah di IKIP Budi utomo selama satu tahun di Fakultas Bahasa Indonesia Penutur Asing (BIPA). Menurut Sekretaris Pusat Kerjasama dan Hubungan Masyarakat IKIP Budi Utomo Malang Jazuli, para mahasiswa mancanegara tersebut akan diajari bahasa Indonesia melalui tiga tahapan. Tahap pemula, madya, dan lanjutan.

”Tujuannya supaya pembelajaran yang akan diterima bisa lebih efektif, mengingat datangnya mahasiswa ini ke IKIP Budi Utomo tidak bersamaan,” kata Jazuli. Selain diajari bahasa Indonesia, para mahasiswa tersebut juga diperkenalkan beberapa budaya Indonesia, seperti membatik dan tari-tari tradisional dari berbagai daerah di Indonesia. ”Tujuannya agar budaya Indonesia semakin dikenal oleh dunia,” tegasnya.

Sementara itu, Ram Nandana Salafia, mahasiswa asal Italia, menyatakan sudah lama tertarik untuk belajar bahasa Indonesia. Lebih lanjut, dia mengaku kesulitan beradaptasi dengan lingkungan di Indonesia, meskipun menurut dia, mempelajari bahasa Indonesia tidak terlalu sulit. ”Yang paling sulit grammar (tata bahasa),” tandasnya. 

Pewarta               : Imron
Copy Editor         : Amalia Safitri
Penyunting         : Mardi Sampurno
Fotografer          : Rubianto