21 Tim Paskibra Bersaing Adu Baris-berbaris

MALANG KOTA – Sebanyak 21 tim paskibra (pasukan pengibar bendera) beradu kepiawaian dalam baris-berbaris. Mereka tidak hanya dituntut kerapian gerakan, namun juga harus bisa menyuguhkan formasi yang apik.

Event yang digelar SMKN 6 Malang itu tidak hanya diikuti tim dari sekolah se-Malang Raya, tapi SMP/MTs hingga SMA/SMK se-Jawa Timur. ”Semoga para peserta bisa saling belajar (meningkatkan kemampuannya),” ujar Aditya Rendy T. SPd, konseptor Lomba sekaligus Pelatih Paskibra SMKN 6 Malang, kemarin (20/1).

Khusus Malang Raya, sekolah yang mengikuti lomba tersebut di antaranya adalah SMPN 13 Malang, SMPN 2 Malang, SMPN 1 Singosari, SMP Annur Bululawang, SMPN 3 Malang, SMPN 7 Malang, SMPN 13 Malang, SMKN 3 Malang, SMAN 10 Malang, SMKN 7 Malang, SMKN 4 Malang, SMKN 5 Malang, SMA Annur Putri, dan SMA Islam Malang. Sedangkan peserta dari luar kota adalah SMA Muhammadiyah 4 Surabaya, MTs Darul Ulum Sidoarjo, SMPN 1 Gudo (Jombang), dan SMKN 6 Surabaya.

Di kompetisi itu, masing-masing tim juga menggunakan musik dan menari ala PBB (pasukan baris berbaris). Tidak hanya itu, ada pula sesi battle variasi, yakni 2 tim dihadapkan dan saling ”menyerang” menggunakan variasi.

Sementara itu, Maratus Sholiha, salah satu peserta dari SMKN 3 Malang, menyatakan, timnya sudah mempersiapkan diri sejak 2 bulan lalu. ”Satu minggu sebelum digelar acara, kami latihan intensif,” kata siswa kelas 11 jurusan Busana Wirausaha itu.



Khoiri, salah satu juri, menambahkan, yang dinilai dari tim paskibra adalah semangat, kerapian, kekompakan, tempo yang stabil, dan passion (kesungguhan). Jurinya didatangkan langsung dari Paskhas 464, Lanal Malang, dan Pelatih dari SMP Taman Harapan.

”Namun, meski indah, kalau tidak memenuhi unsur yang lain juga percuma,” terangnya.

Pewarta: NR4
Penyunting: Mahmudan
Copy editor: Arief Rohman