2020, Pemkot Cover BPJS Kesehatan Semua Warga

MALANG KOTA – Tak ada lagi cerita warga Kota Malang tak terlayani jaminan kesehatan di tahun 2020. Karena Pemkot Malang telah menganggarkan puluhan miliar rupiah untuk akses layanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan untuk semua warganya, tanpa terkecuali didaftarkan.

Janji tersebut dilontarkan Wali Kota Malang Sutiaji, kemarin (14/5). Dia memastikan, pihaknya sudah menganggarkan untuk program tersebut dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun depan. Anggarannya mencapai sekitar Rp 30 miliar–Rp 40 miliar. ”Tahun 2020 semua warga Kota Malang harus ter-cover BPJS,” jelas Sutiaji.

Menurut dia, hal tersebut sudah menjadi komitmennya saat mengemban amanah sebagai wali Kota Malang. Sehingga, berapa pun uang yang dibutuhkan tidak akan ada masalah. ”Jangan sampai ada penolakan dari rumah sakit. Semua sudah pakai BPJS,” ungkapnya.

Dia menambahkan, soal kesehatan memang menjadi salah satu prioritas semua daerah. Hal ini masuk dalam urutan prioritas, seperti pendidikan dan infrastruktur. ”Ini kan masuk program prioritas seperti pendidikan dan infrastruktur,” imbuhnya.

Lebih lanjut, pihaknya juga tak akan membuat sistem subsidi silang dalam hal tersebut. Artinya, warga yang tingkat ekonominya menengah atau atas tetap akan mendapatkan jaminan kesehatan tersebut. ”Pokoknya semua warga Kota Malang, tanpa terkecuali,” tambahnya.



Tak hanya itu, masih kata dia, jumlah warga Kota Malang yang belum ter-cover dengan BPJS sekitar 200 ribu orang saat ini. Sehingga, anggaran Rp 30 miliar–Rp 40 miliar tersebut dinilai sudah cukup. ”Kami sudah melakukan analisis kebutuhannya,” tandasnya.

Sedangkan soal kenaikan tarif BPJS Mandiri, dia melanjutkan, yaitu dari Rp 25 ribu naik menjadi Rp 36 ribu, pihaknya masih melakukan kajian. Sehingga, nanti akan disesuaikan dengan jumlah yang ditetapkan BPJS tersebut. ”Karena awalnya Rp 25 ribu (per bulan) untuk yang mandiri, sekarang jadi Rp 36 ribu,” terangnya.

Pewarta               : Imam Nasrodin
Copy Editor         : Amalia Safitri
Penyunting         : Ahmad Yani