2020, Biaya Sekolah Kabupaten Malang Gratis!

Masuk Semester Dua, 46 SMP Sekolah Lima Hari - JPNN.COM

KEPANJEN – Bupati Malang, Sanusi menjanjikan bakal menggratiskan biaya sekolah bagi siswa di seluruh Kabupaten Malang di tahun 2020. Hal ini ia sampaikan dalam sambutannya saat hadir dalam kegiatan Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di Kecamatan Tajinan, Minggu, (22/9).

“Di tahun 2020, biaya pendidikan bagi wali murid dan siswa di seluruh Kabupaten Malang saya gratiskan semua,” seru Sanusi.

Hal ini diakui, harus dibuat Sanusi dalam mewujudkan naiknya rata-rata nilai siswa Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Pertama menjadi sembilan di semua lembaga pengajaran di Kabupaten Malang.

Anggaran APBD sejak ia menjabat diakui Sanusi bakal dialokasikan pertama kali untuk pendidikan. “Nggak usah bayar nantinya, yang bayari Kabupaten dengan APBD kita bantu Rp 150 miliar untuk biaya pendidikan di Kabupaten Malang,” tukasnya.

Biaya gratis itu diberikan untuk pelajar dengan jenjang mulai PAUD, TK, SD sederajat hingga jenjang SMP sederajat.



“Jangan sampai ada satu anak tidak sekolah, biayanya sudah kita tanggung semua. Berapa pun biayanya asalkan bisa membuat anak pintar dan nilainya menjadi 9, saya anggarkan untuk itu,” tandasnya.

Hal ini jelas jadi PR untuk Dinas Pendidikan Kabupaten Malang, khususnya para guru dan korwil. Mereka bakal dituntut untuk membuat formulasi yang membuat anak-anak di Kabupaten mencapai target rata-rata nilai 9.

Setelah pendidikan, pria asal Gondanglegi, Kabupaten Malang ini mengaku bakal memprioritaskan di APBD Kabupaten Malang untuk bidang kesehatan.

Pewarta: Elfran Vido
ilustrasi: dok JPNN
Penyunting: Fia