2020, Bangun 2 TPA di Malang Selatan

KEPANJEN – Kebutuhan tempat pembuangan akhir (TPA) di wilayah Malang Selatan makin mendesak. Data Dinas Lingkungan Hidup (DLH) mencatat, rata-rata produksi sampah di sepanjang kawasan Pesisir Selatan saat ini sudah mencapai 50 meter kubik per hari.

Jika tidak segera ditangani, problem persampahan itu dikhawatirkan bisa memengaruhi nilai estetika spot wisata di Malang Selatan. Menanggapi kemungkinan itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Malang Dr Budi Iswoyo memastikan bila proses pembebasan lahan untuk pengadaan TPA baru sudah memasuki tahap terakhir.

”Terakhir bulan (September) lalu, kami gelar pertemuan dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, termasuk Perhutani, untuk proses pinjam pakainya. Sudah kami sepakati bersama ada dua TPA nanti di wilayah Malang Selatan,” kata dia.

Dua TPA tersebut masing-masing seluas 5 hektare yang terletak di Kecamatan Gedangan dan 7 hektare di Kecamatan Kalipare. Dua TPA tersebut nantinya akan mengadaptasi metode pengelolaan di TPA Talangagung, yakni sanitary landfill.

Di dalamnya juga bakal dilengkapi dengan manajemen pemilahan dengan sistem 3R atau reduce, reuse, recycle. Kapasitasnya pun diperkirakan bakal menyamai TPA Talangagung yakni 200 meter kubik per hari.

”Ditambah kemarin kami juga baru saja mendapat tambahan bantuan mesin pencetak bahan bakar briket, nanti akan kami gunakan untuk mengolah sampah yang ada di sana (Malang Selatan).

Kapasitas produksinya sekitar 200 per hari, nanti kalau sudah stabil akan kami tingkatkan supaya bisa dikembangkan menjadi sumber komersil,” beber Budi.

Seperti diketahui, pembangunan TPA di Malang Selatan sebenarnya telah diwacanakan sejak 2018 lalu. Namun karena lahan di Malang Selatan mayoritas adalah milik Perhutani, maka ada beberapa prosedur yang harus dilalui terlebih dahulu.

Awalnya, TPA di Malang Selatan bakal ditempatkan di Desa Sitiarjo, Kecamatan Bantur, kemudian dipindah ke Gedangan dan Kalipare.

Untuk zonasi, dua TPA tersebut rencananya bakal menampung sampah yang berasal dari Pantai Selatan dan beberapa kecamatan yang ada di wilayah Malang Selatan. Seperti Donomulyo, Gedangan, Kalipare, Bantur, dan Sumbermanjing Wetan. 

Pewarta : Farik Fajarwati
Copy Editor : DwiLindawati
Penyunting : Bayu Mulya