2020 Atasi Jalan Berlubang dengan Coldmix

TLEKUNG – Metode pengaspalan baru untuk menangani jalan berlubang mulai dijajal Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Batu. Jika dulu, untuk penambalan jalan berlubang menggunakan aspal hotmix, dicoba menggunakan aspal coldmix (aspal dingin).

Eksperimen penambalan jalan berlubang ini dilakukan di Jalan Raya Tlekung, Kecamatan Junrejo, kemarin (21/11). Hasilnya, nanti akan dievaluasi apakah kontur jalan di Kota Batu sesuai atau tidak dengan metode aspal coldmix.

”Sekarang kami sedang lakukan uji coba. Apakah cocok untuk diterapkan di Kota Batu,” kata Sekretaris Dinas PUPR Kota Batu Alfi Nurhidayat saat mengecek langsung uji coba metode aspal coldmix kemarin.

Uji coba ini, lanjut dia, tidak menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Batu. Sebab, sudah difasilitasi tender asal Pasuruan. Alfi menjelaskan, aspal coldmix secara biaya lebih efisien.

”Karena kami bisa belanja dalam takaran yang sedikit. Karena fungsinya memang untuk menambal lubang yang sedikit. Antara 2–40 sentimeter,” kata dosen Teknik Sipil UMM itu.

Terpisah, Kasi Pemeliharaan Jalan dan Jembatan Dinas PUPR Kota Batu Munsif Fanani menambahkan, aspal coldmix disediakan untuk menyambut musim hujan. Hal itu untuk mengatasi kejadian insidental jika ada laporan jalan berlubang di Kota Batu saat musim hujan.

”Sebenarnya memang lebih efisien saat pemakaian. Kalau hotmix itu lubang 2–10 cm tidak bisa ditambal,” katanya.

Menurut dia, aspal jenis ini hanya bisa digunakan untuk pemeliharaan jalan. Jika untuk pengaspalan jalan baru aspal jenis coldmix kurang memungkinkan.

”Kalau daya tahannya di daerah lain bisa sampai 3 tahun. Satu bulan ke depan kami akan ambil sampel lagi, setelah dilalui pengguna jalan,” pungkasnya.

Pewarta : Miftahul Huda
Copy Editor : Dwi Lindawati
Penyunting : Aris Dwi Kuncoro