2018, Target Bangun 8.000 Meter Drainase

KEPANJEN – Fokus meningkatkan kualitas jalan, perhatian juga disajikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang untuk drainase. Tahun ini, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga Kabupaten Malang menarget ada pembangunan 8.000 meter drainase baru. ”Kami prioritaskan pada titik genangan dan kawasan rawan sumbatan,” ujar Kepala Dinas PU Bina Marga Kabupaten Malang Romdhoni.

Dia pun optimistis program tersebut bisa dituntaskan pada November. ”Saat ini sudah berjalan sekitar 40 persen,” tambah dia. Dia menjelaskan, pembangunan drainase baru tersebut menjadi salah satu tahapan yang cukup vital. Sebab, selama ini genangan airlah yang paling dominan merusak lapisan aspal. ”Mumpung pas musim kemarau, kami kerjakan supaya nanti siap juga ketika datang musim hujan,” imbuh mantan kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Malang itu.

Selain drainase, pekerjaan lain juga menunggu sentuhan dinas PU bina marga. Ada program pembangunan jalan, pemeliharaan berkala, dan pemeliharaan rutin yang wajib dilakukan. Untuk peningkatan, Romdhoni menarget ada 70 kilometer jalan yang bisa dikerjakan. Sementara untuk pemeliharaan berkala, ada 95 kilometer jalan yang bakal dipoles. ”Kalau pemeliharaan rutin seperti lubang jalan, target bisa dilakukan untuk 160 kilometer,” jelas Romdhoni. Jika ditotal, ada dana Rp 350 miliar yang telah disediakan untuk itu.

Dia pun optimistis beberapa program tersebut bisa dituntaskan tepat waktu. Tidak adanya perubahan plot dana dalam APBD Perubahan 2018-lah yang melatarbelakangi keyakinan itu. ”Hanya ada pergeseran saja dari beberapa program kerja yang tidak terlaksana. Itu pun akan kami alihkan pada kegiatan yang lain,” tutup Romdhoni.

Pewarta : Farik Fajarwati
Copy Editor : Dwi Lindawati
Penyunting : Bayu Mulya
Foto : Rubianto