2 Madura United vs Persebaya 3: Kartu Merah Greg Jadi Penentu Derby

JawaPos.com – Tren positif Persebaya Surabaya di tangan Aji Santoso masih berlanjut. Lima pertandingan telah dilewati tanpa tersentuh kekalahan. Klub berjuluk Green Force itu menang tiga kali dan dua kali seri. Kemenangan terbaru didapatkan dalam Derby Suramadu melawan Madura United.

Bermain di Stadion Gelora Bangkalan, kedua tim langsung menggebrak sejak awal. Tembakan ke gawang Madura United sudah terjadi di menit pertama melalui Andik Rendika Rama. Dan, Persebaya juga punya peluang melalui sepakan bebas Diogo Campos.

Madura United

Dan, pada menit ke-16, Persebaya lebih dulu unggul melalui gol David da Silva memanfaatkan sepakan Rendi Irwan yang terbentur pemain bertahan Madura United. Setelah itu, Persebaya memiliki banyak peluang, tapi gagal gol. Keunggulan itu bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua, ada beberapa pergantian dilakukan. Pelatih Madura United Rasiman memasukkan Guntur Ariyadi, Greg Nwokolo, dan Beto Goncalves. Alfaath Fathier, Diego Assis, dan Slamet Nurcahyo keluar. Hasilnya membuat daya gedor Madura United lebih tajam.

Aleksandar Rakic menyamakan skor pada menit ke-53 dan Beto membawa tuan rumah unggul pada menit ke-60. Setelah unggul dua gol, daya serang Madura United semakin membuat Persebaya keteteran. Tapi, kartu merah Greg Nwokolo karena protes berlebihan ke wasit pada menit ke-79 mengubah jalannya pertandingan.

Ya, keunggulan jumlah pemain mampu dimanfaatkan dengan baik oleh Persebaya. Hanya empat menit berselang setelah kartu merah Greg, Da Silva menyamakan skor setelah memanfaatkan bola muntah dari sepakan Irfan Jaya. Dan, pada menit ke-88 Irfan yang masuk sebagai pengganti membawa Persebaya menang.

Persebaya Surabaya

Bagi Persebaya, tiga angka itu bukan hanya menaikkan posisi di klasemen menjadi peringkat ketujuh dengan 42 poin, melainkan juga menjadi kemenangan pertama Persebaya atas Madura United selama 2019. Dalam tiga bentrok sebelumnya, dua kali imbang dan sekali Madura United menang.

Bagi Madura United, ini kekalahan lima kali beruntun di Liga 1. Kali terakhir mereka menang adalah melawan Tira Persikabo 1-0 (30/10). Setelah itu, beruntun mereka kalah oleh Persipura 0-2 (3/11), Arema FC 0-2 (8/11), Bhayangkara FC 1-2 (22/11), Badak Lampung 0-3 (27/11).

Di klasemen sementara Liga 1, klub berjuluk Laskar Sape Kerrap itu masih berada di peringkat keempat. Namun, rawan geser. Sebab, selisih angka dengan beberapa tim pesaingnya sangat tipis. PSM Makassar dan Arema FC (43 poin) dan Persebaya (42 poin). Belum lagi Bhayangkara dan Persib yang 41 poin tapi baru 29 laga.