2 Jam Razia, Polisi Tilang Ratusan Pengguna Jalan

KOTA MALANG – Dalam kurun waktu 2 jam sejak pukul 10.00 WIB sanpai 12.00 WIB, Jajaran Polres Kota Malang yang menggelar operasi gabungan di Terminal Landungsari berhasil menindak tegas ratusan pelanggar kendaraan bermotor. Sebagian masyarakat menerima dengan pasrah ketika dirinya dikenakan hukuman tilang namun beberapa terpantau menyiasati dengan memberikan surat pelanggaran agar kendaraan yang digunakan tidak ditindak oleh pihak kepolisian.

“Ini yang sering dilakukan oleh pelanggar. Mereka menunjukkan surat pelanggaran yang pernah didapatkan dengan maksud tidak ditilang lagi,” jelas Ipda Deddy Catur Kanit Laka Satlantas Polres Makota. Dari hal itulah pihak kepolisian terkadang sering meloloskan kendaraan tersebut karena dirasa sedang masa pengambilan dokumen yang di tahan.

Namun setelah cara itu sering dilakukan oleh pelanggar lalu lintas, Deddy akhirnya selalu mengecek masa berlaku surat pelanggaran tersebut sehingga jika diketahui masa berlakunya telah habis sehingga pihak kepolisian akan menahan kendaraan yang digunakan. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan efek jera karena pelanggar tersebut diindikasi sengaja tidak mengambil dokumen kendaraanya.

“Tadi bahkan ada yang masa habis berlakunya sudah 2018. Nah kalau sampai sekarang masih bentuk surat pelanggaran tentu sengaja tidak diambil dan itu salah,” terang Deddy. Oleh sebab itu ia menghimbau kepada pengendara kendaraan bermotor untuk tidak melakukan hal serupa karena pelanggar tersebut nantinya akan dikenakan biaya pelanggaran berlapis.

Pewarta : Choirul Anwar
Foto : Choirul Anwar
Penyunting: Fia