18 Ribu eKTP Kota Batu Dimusnahkan

KOTA BATU – Belasan ribu Kartu Tanda Penduduk (KTP) el dibakar di halaman Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Batu, Kamis (20/12). Pasalnya, itu dilakukan demi menghindari penyalahgunaan KTP-el oleh masyarakat.

Kepala Dispendukcapil Kota Batu, Maulidiono menyatakan sebanyak 18.592 KTP-el tak terpakai dimusnahkan. Jumlah tersebut adalah yang tidak terpakai selama 8 tahun terkahir.

“Melihat semakin banyak yang tidak terpakai, dan untuk menghindari penyalahgunaan dari orang yang tidak bertanggung jawab hari ini kami musnahkan dengan dibakar. Bisa saja kalau sekedar dibuang nanti ditemukan malah dipakai cek-in ke hotel,” ujarnya.

Dalam pemusnahan KTP-el tersebut, ada beberapa kriteria dan dilakukan pendataan. Kriteria tersebut diantaranya sudah rusak, pindah tempat, ganti status, tidak terbaca.

“Kita lakukan pendataan dulu, mana yang rusak, yang melakukan pergantian status, mana yang pemula, invalid dan sebagainya. Baru dilakukan perekapan dan dibakar hari ini,” imbuhnya.



Tak hanya dihancurkan, tapi Dispendukcapil memastikan setiap pemilik KTP-el sudah mendapat pergantian yang baru.

“Ini dipastikan yang bersangkutan harus menerima yang baru dulu. Tadi pagi baru ada yang ganti, dan langsung kita bakar juga,” tandasnya.

Pewarta: Arifina
Foto: Aris Dwi Kuncoro
Penyunting : Fia