154 Peserta Duta Hijab Ikuti Tes Tulis

MALANG KOTA – Ratusan putri muslimah antusias mengikuti tahap awal pemilihan Duta Hijab Jawa Pos Radar Malang 2019. Sebanyak 154 peserta menjalani technical meeting dan tes tulis yang digelar di gedung Utsman bin Affan Universitas Islam Malang kemarin (5/1).

Mereka dituntut menunjukkan potensinya sebagai wanita berhijab terbaik di Malang Raya.
Mengambil tema ”The Pure Beauty of Muslimah, Loyalitas, Tanggap, Inspiratif”, event Duta Hijab Jawa Pos Radar Malang 2019 memang tidak untuk memilih wanita yang cantik secara fisik semata.

”Tapi kompetisi ini untuk mencari wanita yang memang betu-betul cantik luar dan dalam,” ujar Nadhira Heveasari, ketua pelaksana Duta Hijab Jawa Pos Radar Malang 2019.

Definisi perempuan cantik, Nadhira menerangkan, bukan hanya ditunjang fisik saja, tapi juga memiliki makna filosofis yang dalam. ”Lewat Duta Hijab ini kita ingin lebih merepresentasikan kecantikan hati, seperti akhlak, sikap, dan perilaku dari seorang perempuan,” tegasnya.

Dari total 154 peserta, nantinya bakal diseleksi menjadi 80 besar, 40 besar, hingga 20 besar. ”Mereka yang terpilih di 20 besar ini yang nantinya masuk di paguyuban Duta Hijab,” tukasnya.



Ada yang berbeda dalam pemilihan Duta Hijab tahun ini dibandingkan tahun sebelumnya. Jika pada pemilihan tahun 2018 ada 7 winner utama, tahun ini dirampingkan menjadi 5 winner utama. Yakni Winner Duta Hijab Radar Malang 2019, 1st Runner-Up Duta Hijab Radar Malang 2019, 2nd Runner-Up Duta Hijab Radar Malang, Duta Hijab Radar Malang Favorit, dan Duta Hijab Radar Malang Berbakat.

Pelaksanaan technical meeting ikut dihadiri Rektor Unisma Prof Dr H Masykuri Bakri MSi dan Direktur Jawa Pos Radar Malang Kurniawan Muhammad. Termasuk General Manager Jawa Pos Radar Malang Don Virgo dan Pembina Duta Hijab Jawa Pos Radar Malang Belinda Ameliyah.

Dalam sambutannya, Prof Masykuri berharap peserta Duta Hijab 2019 tak semata-mata berkompetisi menjadi yang terbaik, tapi juga menjadikannya sebagai ajang membangun silaturahmi, komunikasi, dan persaudaraan.

”Komunikasi menjadi salah satu kunci untuk kesuksesan Anda di masa depan,” terangnya.
Sementara itu, Kurniawan Muhammad juga berharap peserta Duta Hijab tidak hanya menjadikan event tersebut untuk mengejar hal duniawi, tapi juga akhirat.

”Karena kalian sebagai muslimah mengemban tanggung jawab yang tidak ringan. Kalian adalah brand ambassador nilai-nilai keislaman, brand ambassador perempuan berhijab. Jadi kalian harus menjadi contoh yang baik bagi masyarakat,” tegasnya.

Pewarta: Imron
Editor: Dwi Lindawati
Penyunting: Ahmda Yani