140 Mahasiswa Hindu Sambangi Kasembon

KASEMBON – Tak kurang dari 140 anggota Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI) Malang Raya kemarin (23/11) memulai kegiatan Dharma Bakti di Kecamatan Kasembon. Tepatnya di Dusun Dodol, Desa Wonoagung. Kegiatan yang sudah digelar ke-32 kali tersebut merupakan aplikasi dari pengabdian masyarakat. Dipilihnya Dusun Dodol sebagai lokasi kegiatan juga bukan tanpa alasan. Karena meski letaknya cukup terpencil, di sana ada juga masyarakat Hindu yang menetap.
”Selain menggelar kegiatan bakti sosial, kami juga ingin mengenalkan pada para mahasiswa baru (maba) bahwa di Malang ini juga ada saudara sesama umat Hindu,” kata ketua pelaksana kegiatan Dharma Bakti KMHDI Wayan Jorsa Eri Mahendra. Kegiatan itu sendiri dilepas langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Malang Made Arya Wedhantara.
Pengurus Parisade Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kota Malang I Dewa Nyoman Supariasa juga tampak hadir melepas anggota KMHDI. Sesuai rencana awal, sejumlah kegiatan bakal mereka lakukan di Dusun Dodol. Di antaranya, pengobatan gratis, bersih desa, hingga pembangunan tempat ibadah. ”Kami sengaja pilih Dusun Dodol supaya bisa membantu meringankan beban warga di sana. Selama ini mereka kan tinggal di daerah yang jauh dari pusat perekonomian maupun pemerintahan,” terang Jorsa. Rencananya, kegiatan tersebut bakal digeber hingga Minggu

Pewarta: Farik Fajarwari
Copy Editor: Dwi Lindawati
Penyunting: Bayu Mulya