13 Tahun Bermusik, Taylor Swift Sukses Rilis 7 Album Prestisius

ZEETIZENID – 24 Oktober 2019 jadi hari bahagia bagi Taylor Swift. Tepat 13 tahun lalu, musisi berusia 29 tahun itu memulai karirnya di dunia musik dengan merilis album debut self-tittled ‘Taylor Swift’.

“Aku berkata pada sebuah wawancara 13 tahun lalu ‘Aku hanya berharap punya album kedua yang berjalan baik seperti album pertama dan suatu hari menjadi bintang dan selalu menjadi orang yang sama dari yang aku mulai’. Melihat unggahan kalian membuatku merasakan semuanya dan aku ingin berterima kasih” tulis Swift pada keterangan foto diunggahnya di Twitter dan Instagram.

Dilansir melelaui Billboard (29/10), wanita penyuka angka 13 ini mengunggah foto throwback saat dirinya tampil dengan sedikit penonton di Nashville dan stadion yang dipenuhi fans saat tur Reputation akhir tahun lalu.

Berkat dukungan fans yang ingin melihatnya bermain, Swift berhasil menjadi bintang. “Karena kalian, telah ada album kedua, ketiga, keempat, kelima, keenam, dan ketujuh,” cuitnya.

Momen #13YearsOfTaylor patut dirayakan. Sejak tahun 2006, Taylor Swift telah menghadirkan tujuh album yang tak hanya dicintai namun juga sarat prestasi. Berikut ulasannya :

Taylor Swift (2006)

Swift yang kala itu masih berusia 16 tahun menulis seluruh lagu di album debutnya sendiri. Lagu ‘Tim McGraw’ ‘Teardrops on My Guitar’ dan ‘Our Song’ berhasil masuk dalam peringkat musik Billboard. Dari sinilah label musisi country populer pun melakat pada Swift.

Fearless (2008)

Gelar country pop princess diteguhkan Swift di album kedua. Di umur 18 tahun, gadis pecinta kucing ini jadi artis termuda yang memiliki penjualan album terbaik. Berisi lagu-lagu hits seperti ‘Love Story’ dan ‘You Belong With Me’ , Fearles berhasil menyabet dua piala Grammy di kategori ‘Best Country Album’ dan ‘Album of The Year’.

Speak Now (2010)

Masih mengusung genre country, album ini juga memiliki sentuhan pop rock. Contohnya pada single ‘The Story of Us’. Di tahun 2012, Rolling Stone menempatkan album ini dalam daftar “50 Best Female Albums of All Time”. Speak Now juga berhasil masuk dalam 5 debut album tebesar dalam sejarah.

Red (2012)

Terinspirasi dari kisah cintanya, Swift tampil dari sosok wanita anggun hingga rebel pada lagu ‘Begin Again’ dan ‘I Knew You Were Trouble’. Pada album yang berhasil menyabet piala Top Country Album Billboard Music Award 2013 ini, Swift mengajak musisi lain untuk berkolaborasi. Yaitu Ed Sheeran pada lagu ‘Everything Has Changed’

1989 (2014)

Tak lagi mengusung country, album 1989 diisi lagu-lagu bergenre pop. Diantaranya, ‘Shake it Off’ , ‘Blank Space’ , dan ‘Style’. Tak hanya bernyanyi, wanita yang identik dengan rambut pirang ini juga menulis lirik untuk album yang memenangkan ‘Album of The Year’ dan ‘Best Pop Vocal Album’ Grammy Awards ke 58 ini.

Reputation (2017)

Kemunculan Taylor Swift di album keenam cukup membuat heboh. Pasalnya, mantan kekasih Harry Styles ini tampil ‘gelap’ di lagu ‘Look What You Made Me Do’ dan ‘Ready for It?’. Genre electropop yang diusung juga terdengar asing bagi fans. Meskipun begitu, Reputation menjadi album dengan penjualan terlaris kedua di dunia pad atahun 2017.

Lover (2019)

Lover menjadi album kelima Swift yang berhasil meraih posisi pertama Billboard Hot 100 pada dekade ini. Tak hanya itu, lagu ‘Lover’ menjadi lagu ke 25 milik Swift yang masuk dalam top 10 hit Billboard Hot 100. Jumlah ini menyamai rekor musisi legendaris, Elvis Presley, yang juga punya 25 lagu top 10

Penulis : Zhavirra Noor Rivdha
Penyunting : Fia
Foto : Istimewa