13 Pegawai dan Komisioner KPK Lolos Seleksi Capim, Ini Kata Basaria

JawaPos.com – Tahap proses administratif telah selesai. Panitia seleksi calon pimpinan (capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sudah meloloskan 192 orang pada tahap proses administratif. Termasuk 13 orang dari pihak pimpinan dan pegawai KPK dinyatakan lolos seleksi administratif. Salah satunya adalah Basaria Panjaitan.

Salah satu motivasi Basaria maju kembali di seleksi calon capim KPK adalah karena dirinya ingin agar lembaga antirasuah itu ke depannya ingin fokus pada sisi pencegahan korupsi, terlebih telah dibentuk tim Koordinasi Supervisi dan Pencegahan (Korsupgah) KPK.

“Kita sudah bentuk 9 koordinator wilayah. Harapan kita nanti itu bisa di 34 Provinsi dan dia punya cabang di Kabupaten, sehingga ini bisa memantau semua kegiatan yang dilakukan oleh kepala daerah di tingkat provinsi dan kementerian,” kata Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta, Kamis (11/7) malam.

Lebih lanjut, Mantan perwira tinggi (Pati) Polri ini pun mengaku optimis untuk bisa kembali memegang tampuk pimpinan KPK priode 2019-2023. Basaria pun meyakini, proses seleksi dari Tim Pansel kemudian ke Presiden hingga ke proses fit and proper test akan selesai di Komisi III DPR pada periode 2014-2019.



“Menurut informasi seleksinya masih (DPR RI) priode sekarang,” ucap Basaria.

Sementara itu, anggota Pansel Capim KPK jilid V Marcus Priyo Gunarto mengatakan, pihaknya bakal menyerahkan sejumlah nama untuk diserahkan ke Presiden Joko Widodo. Nantinya, nama-nama tersebut akan dilakukan fit and proper test oleh DPR RI.

“Kalau itu (fit and proper test oleh DPR RI) tergantung Presiden kapan menyerahkannya, tetapi Pansel berusaha awal September diserahkan ke Presiden,” ujar Marcus.

Oleh karena itu, pakar hukum Universitas Gadjah Mada ini pun menargetkan pihaknya menyerahkan sejumlah nama ke Presiden Jokowi pada September 2019. Hal ini agar uji kepatutan dan kelayakan dapat diselesaikan oleh Komisi III DPR priode 2019-2023.

“Itu lah mengapa kita serahkan ke Presiden awal September, biar nanti Presiden yang pilih,” tandasnya.

Untuk diketahui, berdasarkan daftar nama pendaftar calon pimpinan KPK 2019-2023, mereka yang lolos antara lain, Wakil Ketua KPK Alexander Marwata, Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan, Wakil Ketua KPK Laode M. Syarif, Deputi Pencegahan KPK Pahala Nainggolan.

Direktur Pembinaan Jaringan Kerja dan Antar Komisi dan Instansi KPK Sujanarko, Direktur Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat KPK Giri Suprapdiono, Kepala Biro Sumber Daya Manusia KPK Chandra Sulistio Reksoprodjo, Wakil Ketua II WP KPK Harun Al Rasyid.

Selanjutnya, Fungsional Direktorat PJKAKI KPK Adhi Setyo Tamtomo, Ketua Tim Koordinasi Supervisi dan Pencegahan KPK wilayah Jawa Tengah Muhammad Najib Wahito, Koordinator Wilayah VI Koordinasi Supervisi dan Pencegahan KPK Asep Rahmat Suwandha, serta Anggota Biro Hukum KPK Anatomi Muliawan.

 

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Muhammad Ridwan