125 Mahasiswa FEB Unikama Jalani Pelatihan Jelang Sertifikasi WPPE

KOTA MALANG – Sebanyak 125 ‘calon broker’ dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) hari ini (15/11) mengikuti pelatihan tentang pasar modal. Ini merupakan bentuk persiapan mereka jelang ujian sertifikasi Wakil Perantara Pedagang Efek (WPPE) yang akan digelar besok (16/11).

Pematerinya langsung dari perwakilan lembaga yang mengeluarkan sertifikasi tersebut, yakni The Indonesia Capital Market Institute (TICMI), Ati Retna Sari, SE, Ak, MSA, CA. Wanita yang juga Kepala Program Studi Akuntansi Unikama ini memberi materi dan membedah soal ujian mulai pukul 10.00 sampai 16.00 di Auditorium Multikultural Unikama.

“Ada beberapa materi yang harus dikuasai. Mulai dari mekanisme perdagangan efek, apa itu bursa efek, hukum dan etikanya, sampai analisis ekonominya,” ujar Ati kepada radarmalang.id.

Dengan sertifikasi ini ke depan, mahasiswa diharapkan dapat bersaing di dunia pasar modal secara profesional. Apalagi, sertifikasi ini diakui secara nasional di bawah naungan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

“Masuk ke pasar modal itu harus tau aturan, karena risiko tinggi pun keuntungan tinggi. Kami bekali mulai saat ini, sehingga ketika mereka mau jadi broker atau kerja di perusahaan efek, sudah ada bekal sertifikasi dan lebih mudah diterima saat bekerja,” jelasnya.

Salah satu peserta sertifikasi, Heri Iswanto mengatakan sangat terbantu dengan adanya fasilitas pelatihan dan sertifikasi ini. Mahasiswa semester 5 jurusan akuntansi itu mengaku sangat tertarik di sektor pasar modal.

“Saya juga sudah belajar ikut nabung saham di Galeri Investasi Unikama awal bulan ini. Tabungan awal ini saya naruh Rp 250 ribu, selanjutnya bulan depan Rp 1 juta. Ditambah dengan sertifikasi ini, harapannya saya bisa jadi broker tangguh,” tegasnya.

Pewarta: Rida Ayu
Foto: Rida Ayu
Penyunting: Fia