12 Hari, Bekuk 21 Tersangka Narkoba

KOTA BATU – Dibandingkan Kota dan Kabupaten Malang, kasus peredaran narkoba di Kota Batu cenderung lebih rendah. Meski begitu, petugas harus tetap waspada menghalau peredaran barang haram tersebut. Pasalnya, benih-benih pelakunya masih tetap ada hingga kini. Hasil dari ”Operasi Semeru Tumpas Narkoba 2019” yang digelar selama 12 hari bisa menjadi dasarnya.

Dari giat tersebut, Polres Batu mampu meringkus 21 tersangka. Semua pesakitan itu diamankan dari 14 kasus yang mampu diungkap. Rinciannya terdiri dari 5 kasus sabu-sabu dan ganja, serta 9 kasus peredaran pil double L. ”Sebanyak 19 (tersangka) di antaranya laki-laki, dua lainnya perempuan,” terang Kasat Reskoba Polres Batu AKP Subijanto.

Dia lantas merinci sejumlah barang bukti yang bisa diamankan. Terdiri dari 25.189 butir pil double L, 7,48 gram sabu-sabu dan 12,7 gram ganja. ”Ada juga handphone, alat isap, dan bukti transaksi berupa slip transfer yang kami amankan,” sambungnya. Subijanto menambahkan, 4 di antara seluruh tersangka merupakan residivis kambuhan. Sementara itu, seluruh tersangka diketahui sudah berstatus pekerja. ”Kalau pelajar tidak ada. Rata-rata bekerja swasta,” imbuhnya.

Waka Polres Batu Kompol Zein Mawardi menambahkan, keberhasilan mengungkap seluruh kasus itu juga ada peran tiga polsek jajaran. ”Semua jajaran kami kerahkan.

Dan kasus yang kami tumpas ini rata-rata dari laporan masyarakat yang kemudian dikembangkan oleh petugas,” kata dia. Dari pendalaman awal yang dilakukan pihaknya, diketahui bila harga pil double L di pasaran kini terus melambung.



Kondisi itu tampaknya tak menyurutkan minat penggunanya. ”Terbukti dari hasil penangkapan operasi kali ini. Masih banyak pengedar dan pemakai (pil double L)-nya di masyarakat,” tambah mantan kapolsek Dau tersebut. Selain menggelar operasi Tumpas Semeru 2019, sejumlah langkah pencegahan juga terus dilakukan pihaknya.

”Nah, dalam sosialisasi itu, kami sekaligus berkoordinasi dengan pihak terkait seperti BNN,” tambah Zein. Dia mengakui bila kecenderungan kasus narkoba di Kota Batu terus meningkat. Dari data tahun 2017 lalu, tercatat Polres Batu berhasil mengungkap 41 kasus.

Sementara di tahun 2018 lalu, jumlah kasus yang mampu diungkap naik sedikit. Menjadi 45 kasus. Di awal tahun ini, mulai Januari hingga awal Februari 2019, sudah ada 14 kasus narkoba yang terungkap. Jumlahnya berpotensi terus bertambah.  

Pewarta               : Badar
Copy Editor         : Amalia Safitri
Penyunting         : Bayu Mulya
Fotografer          : M.Badar Risqullah