11 Desainer Lokal Perkenalkan Kain Nusantara ke Panggung ASC di NYFW

JawaPos.com – 11 desainer Indonesia berhasil ‘menaklukkan’ panggung pekan mode ASC di New York Fashion Week (NYFW) dengan membawa kain nusantara. Para desainer umumnya mengusung konsep modest (busana sopan) dengan kekayaan kain nusantara seperti tenun, batik, dan songket.

Para desainer tersebut di antaranya Jeny Tjahyawati, Rya Baraba, Lia Afif, Lia Soraya, Tuty Adib, Riris Gofir, Nieta Handayani, Leny Rafael, Nina Nugroho, Novita Sari, dan Gita Orlin. Masing-masing membawakan koleksi Spring/Summer 2020.

Fashion show-nya Alhamdulillah berjalan lancar dan koleksi desainer IMFD di setiap sequence-nya desain yang dibawakan diharapkan bisa mengikuti tren tahun 2020 di Amerika Serikat nanti,” kata Ketua Umum Indonesia Modest Fashion Designer Jeny Tjahyawati kepada JawaPos.com, Kamis (19/9).

Sebelum berangkat ke ASC Fashion Week di NYFW, para desainer harus terlebih dahulu melewati proses kurasi. Hal itu dilakukan karena antusiasme yang luar biasa dari para desainer modest.



“Persiapan ke New York sendiri sekitar 2 bulan. Di mana selama waktu 2 bulan tersebut IMFD harus mempersiapkan administrasi, pendaftaran dan hal-hal lainnya. Karena peminatnya yang cukup banyak, proses kurasi pun dilakukan hingga terpilihnya 11 desainer,” jelas Jeny.

Dalam ajang ASC Fashion Week New York, para desainer membawa 12 koleksinya. Dia berharap masyarakat Barat bisa ikut mengenakan busana modest.

“Tamu yang hadir tidak ada yang beranjak sampai koleksi desainer terakhir. Mereka sangat mengangumi karya karya busana modest Indonesia khususnya untuk tren 2020,” jelas Jeny.

Sedangkan, salah satu desiner yang turut serta, Tuty Adib mengungkapkan, ajang ASC New York Fashion Week adalah bagian dari perhelatan New York Fashion Week namun dalam skala lokal, dengan ruang lingkup yang lebih kecil. Sehingga ajang ASC menjadi salah satu pelengkap pernak-pernik penyelenggaraan New York Fashion Week.

“Di New York itu banyak fashion show, salah satunya ASC ini merupakan event pelengkap New York Fashion Week. Dan panggungnya mirip dengan skala Jakarta Fashion Week lah kalau di Indonesia. Penontonnya ada bule, orang Indonesia, dan para pencinta fashion seluruh dunia,” kata Desainer Tuty Adib.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani