10 Years Challange Bebas Narkoba, ITN Gandeng BNN Kota Malang

KOTA MALANG – Ajak mahasiswa perangi narkoba, Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang menggelar workshop bertajuk ‘Young Muda, Young Style Lawan Narkoba’ bersama Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Malang di Aula Kampus I ITN Malang, Senin (18/3).

Hadir diantaranya, Rektor ITN, Dr. Ir. Kustamar, MT. Kemudian, Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko. Kepala BNN Kota Malang, AKBP Ir. Bambang S., M.Si hingga KBO Satreskoba Polres Makota, Bambang Heryanta.

Menurut Kustamar, workshop kali ini sejalan dengan konsennya untuk membentuk generasi emas yang berintegritas dalam 5 hingga 10 tahun ke depan.

“Ancaman terbesar bagi mahasiswa saat ini adalah narkoba yang susah sekali dideteksi. Maka kita harus sadarkan dari awal,” katanya


ITN Malang juga telah menyiapkan beragam pencegahan untuk memberantas perilaku yang juga melanggar hukum tersebut. Tak lain, melakukan tes urin bagi setiap mahasiswa baru.

Mengadakan sampling tes yang sifatnya mendadak hingga saling mengamati perilaku lewat kebijakan kelompok permanen selama pembelajaran.

“Kebijakan kita, membuat kelompok permanen untuk mengerjakan tugas yang sengajak mahasiswanya kita kombinasikan. Artinya, belajar toleran, budaya dan saling mengamati perilaku teman sebayanya untuk menyukseskan pribadi kita ke depan,” bebernya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi menyatakan jika agenda kali ini menjadi upaya pencegahan bagi mahasiswa selaku bagian dari masyarakat.

“Karena generasi intelektual ini harapan kita. Jadi pioner sekaligus juru bicara di tengah mau untuk mencegah dan memberantas narkoba yang membahayakan,” tandasnya.

Pewarta : Feni Yusnia
Foto : Feni Yusnia
Penyunting : Fia