10 Tanda Demensia atau Pikun

Demensia atau yang sering juga disebut pikun merupakan sindrom yang berkaitan dengan penurunan kemampuan fungsi otak. Sindrom ini umumnya menyerang orang-orang lansia di atas 65 tahun, akan tetapi dengan pola hidup yang tidak teratur bisa mengundang demensia di usia dini.

Demensia bukanlah sebuah penyakit, melainkan serangkaian gejala yang bisa menandakan adanya penyakit. Beberapa penyakit tersbut bisa merambat menjadi penyakit alzheimer, stroke, trauma kepala, penyakit parkinson, dan lain-lain.

Di seluruh dunia, terdapat lebih dari 46 juta orang yang menderita demensia. Dan jumlahnya diperkirakan akan meningkat sebanyak tiga kali lipat pada tahun 2050.

Berikut 10 tanda-tanda gejala kamu terserang demensia yang sering diabaikan.

  1. Gangguan daya ingat
  2. Kesulitan berkomunikasi
  3. Kesulitan berbahasa dan betutur kata
  4. Sulit memecahkan masalah atau merencanakan sesuatu
  5. Konsentrasi menurun
  6. Sulit menilai situasi dan mengambil keputusan
  7. Sulit mengkoordinasikan pergerakan tubuh
  8. Merasa bingung
  9. Perubahan perilaku dan kepribadian
  10. Menarik diri dari pergaulan

Tak hanya gejala diatas, ada beberapa yang menjadi penyebab demensia. Salah satunya tidur lama.

Hasil penelitian Dr. Sudha Seshadri, spesialis saraf di Universitas Boston menyatakan, mereka yang tidur lebih dari 9 jam sehari memiliki resiko dua kali lebih besar untuk mengalami demensia serta proses berfikir dan penyelesaian tugas yang lebih buruk dibanding mereka yang tidur kurang dari 9 jam sehari.

Gangguan pola tidur bisa muncul akibat penyusutan (atrofi) bagian otak yang berperan untuk mengatur siklus tidur manusia, atau juga dapat terjadi sebagai akibat dari gangguan mood yang umum terjadi pada pasien demensia.

Sumber : hellosehat.com