10 Parpol (Masih) ”Bandel” Kumpulkan Desain APK

MALANG KOTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang dibuat ”pusing” oleh sejumlah partai politik (parpol). Karena hingga batas akhir parpol, peserta pesta demokrasi lima tahunan ini masih belum menyerahkan desain alat peraga kampanye (APK).

Berdasarkan data KPU Kota Malang, parpol yang belum menyerahkan adalah PDIP, Nasdem, PKS, Perindo, PPP, PSI, PAN, Hanura, Partai Demokrat, dan PBB. Sedangkan yang sudah mengumpulkan desain adalah PKB, Berkarya, Golkar, dan Gerindra.

Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat (Parmas) KPU Kota Malang Ashari Husen menyampaikan, pihaknya sudah menyampaikan hal tersebut kepada parpol. Namun, hingga kemarin masih banyak yang belum menyerahkan desain tersebut. ”Kami sudah sampaikan ke parpol, tapi masih banyak yang belum menyerahkan,” kata mantan ketua Panwaslu Kota Malang ini.

Menurut dia, pihaknya juga sudah dua kali melakukan pengunduran batas akhir pengumpulan tersebut. Pertama, deadline dilakukan pada 27 September dan diundur lagi menjadi 4 Oktober lalu. ”Dua kali kami menunda, tapi tetap sama. Masih banyak yang belum menyerahkan,” ucapnya.

Hanya saja, masih kata dia, secara aturan memang tidak ada sanksi bagi parpol yang terlambat atau tidak mengumpulkan desain tersebut. Namun, hal tersebut bisa menghambat proses pencetakan APK. ”Nggak ada sanksi aturannya. Cuma menghambat saja,” tandas mantan dosen IKIP Budi Utomo ini.

Lebih lanjut, jumlah total APK yang bakal dicetak nanti mencapai 4.170 buah baliho dan 8.559 spanduk. Jumlah ini bakal tersebar di 57 kelurahan atau 5 kecamatan. ”APK ini nantinya akan dipasang di 57 kelurahan,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris DPD PAN Kota Malang Dito Arief mengaku bahwa partainya sudah mengumpulkan desain APK ke KPU. Sehingga, dimungkinkan KPU masih proses melakukan pendataan APK parpol. ”Kami juga sudah menyerahkan,” terang pria yang juga menjadi wakil ketua komisi C DPRD Kota Malang ini.

Pewarta: Imam Nasrodin
Copy Editor: Amalia
Penyunting:Irham Thoriq
Foto: Darmono