1.300 Warga Semarakkan Karnaval Budaya

KOTA BATU – Rangkaian karnaval warga di Kota Batu kembali tersaji kemarin (8/8). Bila Minggu (4/8) lalu tersaji di Desa Beji, Kecamatan Junrejo, kemarin (8/8) agenda tersebut hadir di Desa Oro-Oro Ombo, Kecamatan Batu.

Karnaval yang menjadi rangkaian acara bersih desa di sana turut diikuti sejumlah siswa TK, SD, dan SMP di Desa Oro-Oro Ombo. ”Pesertanya sekitar 1.300 orang. Dari 13 RT yang rata-rata itu kontingennya berjumlah 100 orang. Itu belum termasuk yang dari sekolah-sekolah tingkat TK sampai SMP,” terang Ketua Panitia Karnaval Budaya Desa Oro-Oro Ombo Sukirman.

Sejumlah kreativitas warga ditampilkan dalam acara tersebut. Ada suguhan tari-tarian kontemporer, marching band, hingga tumpeng. Salah satu peserta karnaval ada yang menyajikan pasar murah.

Dengan uang Rp 100, penonton dipersilakan untuk membawa pulang beberapa jajanan dan sayur-mayur. Tak pelak kehadiran mereka banyak menyita perhatian ribuan penonton.

Lebih lanjut disampaikan Sukirman, rangkaian acara bersih desa di sana sudah dimulai sejak Minggu (4/8) lalu. Dan akan berlangsung hingga hari ini (9/8). ”Lima hari enam malam acaranya, full tanpa jeda.

Diawali dengan wayang kulit, sajian campursari, kemudian ada pentas musik dari anak-anak muda di sini (Desa Oro-Oro Ombo).

Ada juga pengajian, setelah karnaval ini ada orkes dangdut dan di puncak acara ada kenduri bersama warga,” paparnya. Sejak awal dipersiapkan, acara tersebut memang diarahkan untuk memupuk kerukunan antarwarga.

Pewarta : nr7
Copy Editor : Amalia Safitri
Penyunting : Bayu Mulya