1.000 Personel Kawal Pilkades Serentak di Kabupaten Malang

JawaPos.com – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak digelar di Kabupaten Malang, Jawa Timur (Jatim), Minggu (11/11) besok. Sebanyak 926 aparat kepolisian disiagakan untuk mengawal pesta demokrasi di tingkat desa. Para personel itu berasal dari Polres Malang, Polres Malang Kota, dan Polres Pasuruan.

Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung menjelaskan, pihaknya sudah melakukan apel gabungan untuk pengamanan Pilkades. Personel pengamanan akan ditambah dari Kodim 0818 dengan Satpol PP. Jika ditotal, lebih dari 1.000 pasukan.

“Memang gabungan, nggak hanya dari kepolisian saja. Polres Malang pun meminta bantuan dari polres lain yang dekat,” kata Ujung saat apel di Lapangan Satya Haprabu Mapolres Malang, Sabtu (10/11).

Setiap desa akan dijaga sedikitnya 20 personel gabungan. Mereka berasal dari unsur kepolisian termasuk Brimob, Satpol PP, Linmas serta TNI. “Mereka yang insert di 39 desa di wilayah hukum Polres Malang,” imbuhnya.

Ujung berharap Pilkades Serentak dapat terlaksana dengan tertib dan aman.Seluruh tahapan dapat dilaksanakan dengan lebih efektif, efisien, profesional dan lebih terkoordinasi dari sisi keamanan.

Ujung juga berpesan jangan sampai ada kejadian atau isu yang bisa berkembang hingga tingkat nasional. Seluruh personel harus selalu waspada dalam menjalankan tugas pengamanan di wilayahnya masing-masing. Khususnya di daerah yang tergolong rawan. “Ciptakan suasana Kamtibmas yang aman dan kondusif,” tegasnya.

Data dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Malang, total ada 41 desa yang menggelar Pilkades. Sebelumnya ada 42 desa. Namun, pelaksanaan di Desa Sumberporong terpaksa ditunda karena satu calonnya meninggal dunia.

(tik/JPC)