Yuk Lebih Dekat dengan Penguin Humboldt

KOTA BATU – Pengunjung Eco Green Park, Kota Batu, kemarin (25/4) mendapat kesempatan langka. Bertepatan dengan Hari Penguin Dunia, para pengunjung mendapatkan edukasi khusus tentang hewan yang diidentikan dengan salju tersebut.

Tak hanya itu saja, wisatawan juga diberi kesempatan untuk memberi makan pinguin dari dekat. Operational Manager Eco Green Park, Anggun Dwi Cahyono, mengaku sengaja menyetting acara tersebyt.

Kurang lebih empat bulan lalu, penguin jenis humboldt memang didatangkan ke Eco Green Park. Penguin jenis itu menurutnya berbeda dengan jenis pinguin biasanya. Karena bisa beradaptasi dengan lingkungan yang tropis. ”Ini yang berasal dari Peru,” kata dia. Total Eco Green Park mempunya 11 penguin humboldt. Teridir dari 5 jantan dan 6 betina,
”Di Hari Penguin Dunia ini (kemarin) kami kenalkan pada pengunjung,” tambahnya.

Materi yang disampaikan pun cukup kompleks. Mulai dari jenis pinguin, makanan, hingga populasinya di dunia. Kampanye hemat energi juga disampaikan dalam acara kemarin. Itu memang berkaitan dengan habitat penguin. Yang bakal terdampak bila pemanasan global terus menerus terjadi.

”Kami juga kenalkan, apa saja konsumsi penguin ini. Sepeti ikan kembung dan juga cumi-cumi,” kata Anggun. Penguin disana memang sengaja dikembangbiakan petugas. Acara kemarin pun mendapat sambutan baik dari pengunjung. Seperti disampaikan Fanty Adelia, salah satu pengunjung dari Surabaya. ”Ini jadi pengalaman menarik juga, karena baru pertama, dan kita haru sayang pada semua binatang, apalagi yang terancam punah,”terang dia.

Pewarta :Aris Dwi
Penyunting : Bayu Mulya
Foto :Falahi Mubarok