Yuk Amati Perilaku Burung Pemangsa di Amphytheatre Eco Green Park

 

Amphytheatre di Eco Green Park.

KOTA BATU – Mengunjungi Eco Green Park rasanya wajib untuk berhenti sejenak di Amphytheatre, sebuah tempat pertunjukkan terbuka di dekat food court. Guna mengamati aktivitas dan perilaku beragam burung pemangsa layaknya sedang berada di habitat aslinya.

Pertunjukkan dibuka oleh kedatangan keeper show Miss Ana dan Miss Wilda yang memperkenalkan diri. Lalu satu persatu burung pemangsa naik ke atas ‘panggung’.

Burung pertama yang unjuk gigi adalah White Sea Eagle. Burung elang laut terbesar di Indonesia itu terbang dengan cepat kesana kemari. Membuat penonton di Amphytheatre terkesima sambil berteriak wuuuu… waaaa…

“White Sea Eagle dapat terbang dengan kecepatan 115 km per jam. Tidak mengenal kawan dan lawan. Yang mendekat akan dianggap lawan,” jelas Miss Wilda.

Pertunjukkan berlanjut dengan kedatangan burung pemakan bangkai Ruppel Vulture. Keduanya pamer keganasan dengan replika bangkai sebagai pelengkap pertunjukkan. Perlu diketahui, dari 22 jenis burung pemakan bangkai di dunia, 6 jenis ada di Eco Green Park.

“Burung pemakan bangkai adalah penerbang tertinggi di dunia, 11 ribu meter di atas laut. Memakan sisa hasil predator lain. Saat ini, populasinya semakin berkurang akibat habitat rusak di negara asalnya,” terang Miss Wilda.

Salah satu penonton, Kenzi Muhammad Bari mengaku senang melihat pertunjukkan di Amphytheatre. “Suka dan seru. Saya suka elangnya,” ucap siswa SD Kauman 1 Malang itu yang menonton didampingi sang ibunda.

Pewarta: Lizya Oktavia
Penyunting: Lizya Oktavia
Foto: Lizya Oktavia