Wow! Dinding Jatim Park 1 Disulap Puluhan Seniman Mural Jawa Timur

Seniman sedang menggambar di dinding Jatim Park 1

KOTA BATU – Dinding di area Jatim Park 1, Jalan Kartika 2 sebelumnya hanya berwarna abu tak tersentuh warna sama sekali, bisa dibilang tidak menarik sama sekali. Namun, kini berkat tangan-tangan kreatif seniman mural dari penjuru Jawa Timur, dinding sepanjang 192 meter dengan total luas 576 meter persegi itu terlihat sangat artistik. Olesan puluhan seniman mural di sana pun sontak membuat pengendara maupun pengunjung menoleh dan penasaran.

Total seniman yang yang berkreasi dalam Jatim Park 1 Mural Competition Part 2 ini sebanyak 64 peserta yang terbagi dalam 32 tim. Masing-masing tim mendesain dinding berukuran panjang 6 meter dengan lebar 3 meter menggunakan cat. Tema yang ditentukan tak jauh-jauh dari Jatim Park Group, yakni Museum Angkut, Jatim Park 3, dan Predator.

Berbagai macam gambar pun bermunculan kala para seniman yang berasal dari Pasuruan, Mojokerto, hingga Surabaya itu mulai mengoleskan cat berwarna primer yang disediakan panitia ke atas permukaan dinding. Gambar seperti dinosaurus yang ada di Dino Park, Jatim Park mulai bermunculan, tak ketinggalan juga gambar tokoh Bagong yakni maskot Museum Tubuh Jatim Park 1.

Mural ini digelar sejak 18 Juni 2019 lalu dan terakhir hari ini (23/6). Seniman yang bergelut dengan kuas dan cat ini tak perlu menunggu juara pun langsung mendapatkan fresh money Rp 500 ribu. “Ya memang kita adakan ini untuk menekan aksi vandalisme, maka dari itu kita wadahi kreatifitas mural disini,” ujar Operational Manager Jatim Park 1, Bambang Priana.

Di hari terakhir ini para seniman semakin giat dan cekatan melakukan finishing karyanya. Mereka berebut hadiah pemenang total Rp 6 juta. Hal ini sebagai bentuk apresiasi Jatim Park terhadap karya yang dinilai terbaik dan paling mencolok di antara lainnya. “Karya mereka bagus-bagus, kayaknya juri bakal susah nentuin juaranya,” tutupnya sambil tertawa.

Pewarta: Rida Ayu
Penyunting: Kholid Amrullah
Foto: Mochamad Sadheli