Wow, Batu Secret Zoo Punya Koleksi Badak India Seharga Rp 1 Miliar

Badak India.

KOTA BATU – Baru-baru ini, Batu Secret Zoo kedatangan hewan bule. Yakni Badak India yang diterbangkan langsung dari Scotlandia – Belgia – Indonesia dalam waktu 48 jam. Spesies badak terbesar di dunia ini telah mencapai usia kawin, 10 tahun.

Bukan hanya tubuhnya saja yang masuk dalam kategori badak terbesar. Namun harga untuk mendatangkannya terbilang paling besar. Mencapai Rp 1 miliar.

Menurut Marketing and PR Manager Jatim Park Group, Titik S Ariyanto, badak ini memang tidak dibeli. Melainkan kerjasama dengan kebun binatang Scotlandia. Hanya biaya perjalanan yang ditanggung oleh Jatim Park Group.

Saat ini, Badak India berbobot 3 ton itu tengah dalam masa penyesuaian. Menurut Dokter Hewan Secret Zoo, Irwanda Kusuma Wardana, tahap penyesuaiannya memang dinilai agak berbeda, namun cukup dirasa aman.

“Memang agak berbeda. Lingkungan, suhu, air, dari pakan sangat berbeda tapi sedikit-sedikit kita biasakan. Ya yang jelas kita bawa pakan yg khusus dibawakan dari tempat sebelumnya,” beber Irwanda.

Sejauh ini, Batu Secret Zoo total memiliki tiga badak. Dua badak putih dan satu badak India. Kedepan, akan ditambah lagi satu badak India. Sebab, badak India tak bisa dikawinkan dengan badak putih.

Pewarta: Feni Yusnia
Penyunting: Lizya Oktavia
Foto: Feni Yusnia