Mobil Kesayangan Soekarno Ada di Museum Angkut Lhoo

Buick Limited 8 di Museum Angkut.

KOTA BATU – Ingin liburan dengan nuansa berbeda dan terhindar dari udara panas di luar ruangan? Agaknya mencoba wahana di Museum Angkut bisa menjadi pilihan menarik.

Ya, museum ini menampilkan beragam sarana transportasi, mulai dari zaman dulu hingga zaman sekarang. Di sini, pengunjung tidak perlu panas-panasan. Barisan alat transportasi yang kece bisa dinikmati sepuasnya. Pengunjung bisa menyentuh alat transportasi, menjadikannya background untuk foto, hingga melihat parade yang berlangsung.

Berkunjung ke Museum Angkut memang menyenangkan. Tidak hanya bagi mereka yang suka otomotif, namun juga bagi warga umum lainnya. Sebab, ada ratusan koleksi alat transportasi yang ada di tempat ini, mulai dari dokar, mobil kuno, kapal, sampai helikopter. Salah satu yang menarik adalah keberadaan beberapa mobil gahar. Di antaranya, mobil Chevrolet Chevelle SS 8200 cc yang memiliki daya sebesar 450 tenaga kuda dan torsi 745 Nm.

Tentu cukup banyak orang yang familier dengan mobil ini. Ya, mobil ini sama dengan yang digunakan oleh Vin Diesel atau Domonic Toretto dalam film Fast & Furious. Salah satu unit mobil yang masuk daftar collector item itu dikoleksi Museum Angkut.

Mobil ini pun masih menyala dengan normal. Saat liburan, hampir setiap hari ada parade dari berbagai mobil yang ada.

Operation Manager Museum Angkut Endang A Shobirin menyatakan, selama liburan ini ada parade yang berlangsung.

”Kalau sekarang ini karena libur Lebaran, bisa setiap hari kami adakan, namun ke depan tentu akan menyesuaikan. Minimal seminggu sekali,” ujar dia.

Parade yang dimaksud Endang adalah menggelar mobil dan mengemudikan keliling museum. ”Ini juga bagian dari layanan,” ujarnya.

Dia menjelaskan, mobil yang ada di Museum Angkut ini semuanya masih normal, bisa dikemudikan. Pengunjung pun tidak hanya bisa melihat, namun juga bisa memegang mobil koleksi yang ada.

”Ke depan, ada yang bisa naik. Namun, tentu tidak semua, karena ini kan koleksi. Apalagi mobil unik dan lama. Jadi, tidak bisa sembarangan,” terang Endang sambil tertawa.

Parade tematik sekarang ini juga akan digagas. Untuk diketahui, ada sekitar 215 koleksi mobil dari berbagai pabrikan di Museum Angkut.

”Nanti akan ada parade, misalnya hari ini yang parade keliling hanya Ford saja, lalu besoknya Chevrolet dan lainnya, kita kan punya banyak,” terang Endang.

Pewarta: Aris Dwi
Penyunting: Achmad Yani
Foto: Lizya Oktavia