Super Klasik, Koleksi Musum Angkut Ini Akan Dipamerkan Di Pesta Ultah Ratu Inggris

KOTA BATU – Pada tanggal 13 Juni mendatang, kedutaan besar Negara Inggris menggelar pesta ulang tahun Ratu Elizabeth II di Shangri La Hotel, Surabaya. Untuk pertama kalinya, Museum Angkut menjadi sponsor utama pada gelaran ini, setelah tahun-tahun sebelumnya menjadi tamu undangan.

Dalam kesempatan berharga itu, Museum Angkut akan memamerkan 2 koleksi mobil klasiknya. Yakni Rolls Royce Phantom tahun 1962 dan Sunbeam Model 16 tahun 1934.

“Orang London sangat apresiasi kita sebagai orang Indonesia akarena sudah merawat koleksi langka mereka sampai saat ini,” ujar Market & Promo Museum Angkut, Nunuk Liantin. Berikut radarmalang.id ulas beberapa fakta mengenai mobil klasik ini.

Rolls Royce Phantom V tahun 1962

Mobil dengan mesin 6230 cc ini dimiliki oleh Ratu Elizabeth II. Namun koleksinya sudah disesuaikan dengan kebutuhan, pada kanopi kaca dan kaca bagian depan dipasang penerangan untuk visibilitas Ratu Elizabeth. Saat ini mobil tersebut digunakan oleh Charles, Prince of Wales.

Sunbeam Model-16 tahun 1934

Pabrik Sunbeam Cycle milik John Marston pertama kalinya memasarkan mobil pada tahun 1901. Namun pada tahun 1905 perusahaan ini bergabung dengan Perusahaan Hillman Inggris milik Louis Coatalen sebagai kepala desainer. Saat produksi, Sunbeam konsisten merakit mobil dari komponen produksi sendiri dan tidak mau membeli di luar. Mobil dengan mesin 2366 cc ini pernah memecahkan rekor kecepatan pada tahun itu.

Pewarta: Rida Ayu
Foto: Istimewa
Penyunting: Fia