Super Keren, Mobil Eks Presiden Amerika hingga Ratu Inggris Jadi Koleksi Museum Angkut

Mobil kuno Ford Thunderbird keluaran 1964 yang konon pernah dimiliki Presiden John F Kennedy

KOTA BATU – Koleksi mobil kuno di Museum Angkut Kota Batu banyak yang yang legendaris. Karena mobil-mobil itu informasinya dulu pernah dinaiki oleh para tokoh dunia. Seperti mobil Ford Thunderbird keluaran 1964 yang pernah menjadi kendaraan Presiden ke-35 Amerika Serikat (AS) John F. Kennedy.

Diandra (kiri) foto di sebelah Mobil Land Rover Royal Ceremonial keluaran tahun 1958 yang pernah dinaiki Ratu Elizabeth II

Menurut Assisten Manajer Bagian Promosi dan Marketing Museum Angkut Nunuk Liantin, mobil 6390 cc tersebut memilki histori yang luar biasa. “Karena Museum Angkut memang ingin menunjukkan koleksi mobil-mobil kuno yang punya sejarah kelas dunia,” terangnya.

Istimewanya lanjut dia, mobil yang dipajang di ruang utama Museum Angkut masih mulus. Selain itu, interiornya juga terawat. Tak heran kalau mobil legendaries itu sering jadi jujukan foto para pengunjung.

Selain mobil Ford Thuderbird juga ada mobil yang pernah jadi tunggangan Ratu Elizabeth II dari Inggris. Mobil tersebut bermerek Land Rover Royal Ceremonial keluaran tahun 1958 yang masih terlihat mulus dan kinclong. “Mobil itu juga masih bisa berjalan normal,” terang Nunuk.

Bahkan untuk menciptakan kesan yang kuat dengan pemiliknya, Museum Angkut mendesain pojok khusus yang dilengkapi dengan kursi singgasana Ratu Elizabeth II. Di kursi itu juga dudukkan patung replika sang ratu. Kemudian di sebelahnya ada satu kursi lagi yang bisa diduduki pengunjung untuk foto. Sehingga ketika duduk di kursi tersebut, seolah olah duduk di samping Ratu Elisabeth II.

Tak heran, karena koleksi-koleksinya yang istimewa ini, Museum Angkut pun jadi jujugan warga Jakarta. Sejumlah pengunjung asal ibu kota yang ditemui radarmalang.id terkagum kagum dengan koleksi Museum Angkut. “Di Jakarta nggak ada kayak gini, hebat, bagus banget, keren dah pokoknya,” ujar Diandra, wisatawan asal Jakarta.

Menurut gadis itu, di Jakarta meski pernah ada mobil kuno biasanya pada saat pameran. Itupun digelarnya semua di dalam ruangan. “Kalau di Museum Angkut ini juga ada yang di jalan, out door gitu, asyik banget, nuansanya kayak di luar negeri,” ujarnya.

Penyunting: Kholid Amrullah