Seru Sekali Lomba Robot Sumo di Jatim Park Ini

KOTA BATU – Setelah sukses di tahun sebelumnya. Jawa Timur Park Group kembali menggandeng Wonderful Indonesia Robot Challenge (WIRC ) untuk menggelar event yang memacu kreativitas di bidang teknologi, bertajuk “Low Cost Comeptition” di Fun Tech Plaza Jatim Park 3. Sabtu, (13/10).

Lomba yang berlangsung hingga 3 hari kedepan ini diikuti oleh 250 peserta baik SD hingga SMA. Tak sedikit di antara mereka yang nampak serius berkompetisi menjatuhkan lawan di kategori lomba robot sumo junior.

Salah satunya, Salman Al Haqqoni, siswa kelas 5 SD Muhammadiyah 4 Pucang, Surabaya ini mengaku sangat antusias. “Memang sering ikut lomba seperti ini karena senang,” ujarnya sembari menanti giliran.

Selain Kota Batu dan Malang, menurut ketua panitia acara, M. Agung Sartiko event ini juga banyak diminati oleh peserta luar Jatim. Terjauh, Jakarta.

Diketahui, kegiatan ini sebelumnya juga dilaksanakan di salah satu wahana Jawa Timur Park. Tepatnya, di Eco Green Park. “Tahun ini kita pilih Fun Tech Plaza karena cocok dengan event kita. Selain ada unsur wisata juga kompetisi IT,” imbuhnya

Sementara untuk kategori perlombaan, ada 9 jenis. Di antaranya, robot sumo, robot rescue, robot underwater, robot soccer. Dan kompetisi Low Cost Project yang paling menarik.

“Kategori ini untuk nasional. Artinya, membuat robot dari bahan murah dan daur ulang. Seperti botol minuman, atau plastik,” beber Agung, sapaannya.

Ia berharap, event ini bisa menumbuhkan bibit-bibit yang memiliki daya imajinasi untuk berinovasi mencipatakan robot-robot canggih dan unik. Khususnya bahan daur ulang.

Pewarta : Feni Yusnia
Penyunting: Kholid Amrullah
Foto : Feni Yusnia