Sudah ke Dino Park Jatim Park 3 ? Hidup Bareng Dinosaurus, Mau?

KOTA BATU – Satu lagi destinasi yang bisa dimasukkan ke dalam daftar kunjungan wisata di Kota Batu, yaitu Dino Park di Jatim Park 3. Wisatawan yang berminat menjadi pengunjung perdana bisa datang hari ini (24/11) pukul 13.00. Sebab, hari ini objek wisata di lahan seluas 16 hektare yang beralamat di Jalan Ir Soekarno ini soft opening.

Para pengunjung di hari perdana ini akan banyak mendapatkan keuntungan. Sebab, pengelola objek wisata di bawah naungan Jatim Park Group  itu bakal memberikan harga khusus. Tak hanya memberikan diskon, mereka juga akan membagikan banyak voucher kepada para pengunjung.

Banyak wahana yang ditawarkan taman Dinosaurus yang satu-satunya ada di Indonesia itu. Di antaranya, Dino Park, Galeri Musik Dunia, Infinite World, Jurassic Action, House of Zombie, Virtual Arena, Funtech Plaza, 6D, dan XD siap untuk dikunjungi.

”Besok (hari ini) kami mulai soft opening kepada masyarakat. Wisatawan sudah bisa berkunjung ke Jatim Park 3,” kata Manager Marketing dan Public Relation Jatim Park Group Titik S. Ariyanto kemarin.

Titik menyatakan, konsep Jatim Park 3 ini sebagai museum dinosaurus pertama di Indonesia ini mengusung konsep mengusung edukasi dan rekreasi.

Mengunjungi Dino Park, wisatawan bakal seperti dibawa ke zaman saat makhluk purba itu masih hidup. Dinosaurus yang selama ini hanya bisa dilihat dalam film Jurassic Park itu kini semuanya bisa dinikmati secara nyata.

Layaknya dalam film karya Steven Spielberg itu, pengunjung akan dibawa ke sebuah taman besar. Di taman itu, pengunjung bisa menyaksikan kehidupan banyak dinosaurus. Mulai suaranya, gerak-gerik, hingga informasi tentang anatomi dan makanan yang mereka konsumsi, semua tertera dengan jelas.

Di taman ini, pengunjung seolah-olah dibawa ke zaman purba sebelum meteor menghantam bumi dan mengakibatkan punahnya hewan purba itu. Di taman ini, semuanya seolah hidup kembali. Ya, dinosaurus-dinosaurus itu ”berkeliaran” lagi di zaman modern ini.

Suguhan pertama saat mengunjungi Dino Park, Anda bisa melihat Museum Dino. Di sana, pengunjung akan diperlihatkan informasi tentang jenis dinosaurus dalam bentuk replika yang bisa bergerak. Ada pula informasi organ tubuh hingga fosil dinosaurus dalam bentuk aslinya.

”Semua ini adalah bentuk aslinya, tidak ada yang diubah,” beber Staff Marketing Central Jawa Timur Park Group Abdillah Adam.

Di wahana Dino Park menyajikan informasi mengenai dinosaurus dari lima zaman. Pengunjung akan dibawa ke masa kurang lebih 200 juta tahun silam. Menggunakan kereta, pengunjung masuk ke alam rimba. Pengunjung akan dibawa menuju zaman Permian, Triassic, Jurassic, Cretaceous, dan Ice Age.

Wahana lainnya di taman wisata ini adalah Galeri Musik Dunia. Para pengunjung akan melihat bermacam jenis alat musik tradisional dari berbagai belahan bumi. Seperti, dari suku Afrika, suku Aborigin Australia, Amerika, juga Asia. Alat musik tradisional Indonesia juga tak ketinggalan. Semuanya lengkap. Tentu saja, alat musik modern juga ada.

Sederet grup musik legendaris seperti The Beatles juga disuguhkan. Ada pula mendiang Michael Jackson semasa hidupnya. Legenda musik rock Indonesia, God Bless, juga ada. Mulai dari patung lilinnya, kostum yang pernah mereka pakai, koleksi album, hingga instrumen musik yang pernah dipakai.

Di Dino Park pun juga ada ”Istana Bogor”. Ada patung lilin para tokoh nasional, mulai dari Presiden Pertama Republik Indonesia (RI) Ir Soekarno hingga Presiden Indonesia sekarang yaitu Joko Widodo (Jokowi).

Pewarta: Aris Dwi
Penyunting: Ahmad Yahya
Copy Editor: Dwi Lindawati
Foto: Darmono