Replika Dinosaurus Raksasa Berbahan Tempe di Batu Raih Rekor Muri Dunia

KOTA BATU – Resmikan kampung hijau, Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa menyembelih langsung replika dinosaurus raksasa. Ya, replika yang berbahan dasar dari tempe itu yakni ‘Tempesaurus’ berukuran 7 x 5 meter.

Tak ayal, Tempesaurus tersebut mendapat rekor dunia dari Museum Rekor Indonesia (MURI). Pasalnya, baru kali ini dan satu – satunya ada replika dinosaurus berbahan tempe dan dibuat sangat besar di dunia.

“Kami berikan rekor MURI dunia untuk Replika Dinosaurus terbesar dari tempe. Ini satu – satunya yang patut diapresiasi, terlebih tidak akan ada belahan dunia lain. Karena tempe milik Indonesia,” ungkap Wakil Ketua Umum & Direktur MURI Aylawati Sarwono, saat memberikan penghargaan MURI di Jatim Park 3, Sabtu (6/4).

Sementara itu, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengatakan rekor yang telah didapatkan ini sebagai bentuk untuk semakin mengembangkan konsistensi dunia usaha. Tidak hanya menghijaukan kampung, tapi harus dibarengi juga dengan pengembangan usaha, mengingat Kampung Hijau yang berada di kawasan Dusun Krajan Sae, Desa Beji, Kota Batu menjadi sentral produksi tempe.

“Sosok JTP Group yang tidak hanya sekedar mendirikan satu titik wisata, tapi juga bersinergi dengan perkamoungan. Nantinya itu kan ada pembinaan dari pelaku industri tempenya, kemudian industri handycraft. Saya rasa ini akan menyatu dari pengembangan industri wisata yang ada di Kota Batu dan Jatim,” pungkasnya.

Pewarta: Arifina
Penyunting : Kholid Amrullah
Foto: Arifina