Ratusan Reptil Serbu Predator Fun Park

KOTA BATU – National Reptile Contest yang digelar Predator Fun Park tak disia-siakan pencinta reptil. Minggu kemarin (7/1), ratusan pencinta reptil dari berbagai pelosok meramaikan kontes reptil yang digelar objek wisata di bawah naungan Jatim Park Group ini. Mereka berasal dari Batu, Malang, Gresik, Solo, Probolinggo, Jogjakarta, Surabaya, Jember, Jakarta, hingga Bali.

Reptil yang diikutkan dalam kontes itu dari beragam jenis. Di antaranya, iguana, ular, dan gecko (sejenis tokek yang berasal dari Pakistan, India dan Iran). Ratusan reptil itu memenuhi hall utama Predator Fun Park.

Ketua Pelaksana National Reptile Contest Muhamad Wafi menyampaikan, yang dinilai dari reptil-reptil itu adalah segi berat badan, panjang (untuk ular), kesehatan, dan warna kulit. ”Dilihat apakah penyakitan atau tidak, ada luka atau tidak. Untuk warna kulitnya, semakin cerah semakin bagus,” ujar Wafi.

Pemenang yang diambil dalam kontes itu mulai juara 1 hingga 5 pada setiap kelas. Namun, ada juga juara Green Champion untuk 3 orang pada masing-masing reptil iguana, ular, dan gecko. Pencinta reptil yang memenangkan kontes mendapatkan uang senilai jutaan rupiah.

Doni Agus Lesmana, 34, salah satu peserta dari Surabaya, mengaku datang bersama komunitas reptilnya jauh-jauh dari Kota Pahlawan dengan membawa 11 ular dan 1 iguana. Dia menyampaikan, untuk mempersiapkan kontes ini, Doni melakukan perawatan intens terhadap reptilnya.

Untuk iguana, dia rutin mengoleskan lidah buaya di spike (duri badan) iguana agar kuat. Dia juga rutin menjemur iguananya saat pagi hari, yakni pukul 7.00, selama 20 menit setelah dimandikan, dan sore hari pada pukul 15.00. ”Untuk ular, saya kasih makan tikus putih 3 minggu sebelum kontes,” terangnya.

Dia mengutarakan, ularnya tidak pernah diberi makan sembarang tikus, seperti tikus got, karena takut terkena penyakit. Alasannya memberi makan ularnya 3 minggu sebelum kontes juga agar ularnya tidak buncit.

Dalam kontes itu Doni mengikuti kelas Open Iguana Minus Terawat, Open Reticulatus Normal kurang dari 1,5 meter, Open Reticulatus Normal lebih dari 1,5 meter, Open Reticulatus Normal Variant All Size, Open Rectic Tiger non Combo, dan Open Boa Constrictor Morph.

Pewarta: nr4
Penyunting: Ahmad Yahya
Copy Editor: Arief Rohman
Foto: Falahi Mubarok