Pygmy Marmoset Primata Lucu Unggulan Jatim Park 2

KOTA BATU – Sebagian masyarakat nama Pygmy Marmoset tentu terdengar cukup asing. Namun primata terkecil di dunia ini menjadi salah satu hewan unggulan di Jatim Park 2.

“Pygmy ini jenis monyet yang hidup di negara Brazil dan hanya memiliki tinggi 10 cm untuk ukuran dewasa,” jelas Adam Ibnu Ridwan Public Relation dan Marketing Jatim Park Group. Ia juga menjelaskan untuk ukuran bayi, primata tersebut hanya memiliki ukuran sebesar ibu jari.

Dalam kurun waktu satu tahun, Pygmy hanya mampu melahirkan satu hingga dua bayi. Hal ini dikarenakan pygmy adalah hewan yang memiliki kandungan terlemah di antara semua hewan.

“Walaupun perkembang biakannya cenderung sedikit, namun hewan ini tidak termasuk hewan yang mendekati kepunahan,” imbuh Adam.

Ia menambahkan meskipun begitu pihak Jatimpark 2 sangat menjaga keselamatan dan kenyamanan hewan tersebut. “Kami buat sama persis suhu kandangnya dengan habitat aslinya. Syukur Alhamdulillah pygmy kami sekarang sudah ada 3 ekor karena induknya baru melahirkan beberapa bulan yang lalu,” tandasnya.

Pewarta : Choirul Anwar
Penyunting: Kholid Amrullah
Foto : Choirul Anwar