Pasar Apung Nusantara di Museum Angkut Cocok Dijadikan Tempat Liburan

KOTA BATU – Bagi yang berlibur ke Kota Batu, ada Museum Angkut yang menyenangkan untuk dikunjungi. Menuju pintu masuk museum transportasi ini, ada Pasar Apung Nusantara yang didesain bak pasar terapung sesungguhnya. Bedanya, pasar terapung ini dikunjungi dengan jalan kaki. Sebab, puluhan stand yang ada, dibangun dengan papan kayu dan berdiri di atas air.

Standnya pun menjual berbagai pernak-pernik dan makanan daerah. Bahkan, tahu bulat sampai jamupun ada. Selain itu, wisatawan juga bisa menghabiskan sore dengan santai. Hanya membayar Rp 10 ribu rupiah, pengunjung bisa menaiki perahu kayu yang disediakan dan didayung oleh satu petugas.

Dina Fatmawati, 35, salah satu pengunjung yang ditemui saat sedang makan di area pasang apung ini mengaku senang. Bahkan ia menyebut, makanannya yang tak kalah enak, juga hiburan yang menyenangkan “Saya terkesan itu lo panggungnya, suara penyanyiya sip,” jelas ibu dua anak ini

Ia yang asli orang Batu ini, mengaku baru pertama kali liburan di Museum Angkut bersama keluarga besar. “Anak-anak pada ilang semua ini, paling seneng naik perahu, sampe dua kali,” ujarnya sambil terkekeh

Menurut Dina, Pasar Apung Nusantara di Museum Angkut ini bisa jadi pilihan saat bingung ingin jalan-jalan kemana di Kota Batu. Selain bisa belanja, makan, bersantai naik perahu, juga bisa belajar sejarah di Indonesia Heritage Museum di satu area itu.

Pewarta: Feni Yusnia
Penyunting: Kholid Amrullah
Fotografer: Feni Yusnia