Museum Satwa Jatim Park 2 Getol Lakukan Konservasi Badak

KOTA BATU – Suasana talkshow, antara Yayasan Badak Indonesia (YABI) dengan beberapa komunitas pecinta satwa se-Malang hari ini, Sabtu (22/9) berlangsung santai.

Bertajuk “Yuk, Kita Kenali Badak Kita”, kegiatan ini digelar di Museum Satwa, Batu Secret Zoo Jatim Park 2, kegiatan ini sebagai upaya untuk turut melestarikan badak.

Hadir sebagai narasumber, Nuke Arincy, S. Ilkom, staf Komunikasi dan Informasi YABI. Dan, drh. Agvinta Nilam Wahyu Yudhichia, dokter hewan suaka Rhino Sumatera YABI.

Menurut Nuke Arincy, saat ini, tersisa 5 spesies badak sedunia. Di antaranya hanya 67 individu badak Jawa dan kurang dari 100 individu badak Sumatera.

Karenanya, hal ini menjadi penting untuk dilakukan. Apalagi, konservasi badak sendiri dianggap menjadi hal yang cukup serius. Selain perusakan habitat, berbagai ancaman terus mengintai badak hingga membuatnya menjadi spesies yang hampir punah.

“Saya sangat apresiasi kegiatan ini. Kerena bisa menjadi refleksi. Banyak sekali hal langka yang harus kita lestarikan,” ungkap Manager Marketing & Public Relation Titik S. Ariyanto.

Diketahui, talkshow ini menjadi salah satu rangkaian dalam memperingati Hari Badak Sedunia, yang jatuh setiap tanggal 22 September.

Nantinya, juga akan ada pemberian tumpeng buah dan sayur untuk Badak India dan Badak Putih sebagai puncak acara. Yang mana, keduanya merupakan spesies yang memang dirawat oleh Batu Secret Zoo.

Titik pun berharap, talkshow ini mampu meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya konservasi badak.

“Ini menjadi tugas temen-temen yang masih muda, kalau bukan kalian semua, jadi siapa. Bisa jadi anak cucu saya tidak bisa melihat badak secara kangsung. Hanya bisa lihat di tv,” imbuhnya

Pewarta : Feni Yusnia
Penyunting: Kholid Amrullah
Foto : Feni Yusnia